Gubsu Minta Perbaikan 72 Tempat Ibadah Rusak di Taput Jadi Prioritas

Gubsu Minta Perbaikan 72 Tempat Ibadah Rusak di Taput Jadi Prioritas

Tim detikSumut - detikSumut
Selasa, 04 Okt 2022 01:11 WIB
Gubsu Edy saat meninjau gereja yang rusak akibat gempa di Taput
Foto: Gubsu Edy saat meninjau gereja yang rusak akibat gempa di Taput (Istimewa)
Medan -

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi meminta agar perbaikan tempat ibadah yang rusak akibat gempa di Tapanuli Utara (Taput) menjadi prioritas. Dari data sementara, ada 72 rumah ibadah yang rusak akibat gempa itu.

"Harus segera kita support untuk mengembalikan bangunan-bangunan itu. Khususnya bangunan-bangunan yang sekolahan, tempat ibadah, dan pasar," ucap Edy di Medan, Senin (3/10/2022).

Edy siang ini berangkat ke Tapanuli Utara. Kedatangan Edy untuk meninjau dampak gempa bermagnitudo 6 yang terjadi pada Sabtu (1/10) yang lalu itu.


Sementara itu, Kabid Penanganan Darurat, Peralatan dan Logistik BPBD Sumut, Zulham Efendi Siregar, mengatakan pihaknya sudah menurunkan tim ke Taput. Tim ini akan bertugas di sejumlah titik di Taput.

"Tim Satgas BPBD Sumut turun ke seluruh lokasi terdampak bencana di sembilan kecamatan yang ada di Tapanuli Utara. Juga ke lokasi sumber gempa di Desa Horisonranggigit dan Aekraja, Kecamatan Parmonangan, serta di Kecamatan Sipoholon," ujar Zulham.

Zulham menjelaskan, selain 72 rumah ibadah, ada 1.278 rumah warga yang rusak. Untuk korban sendiri satu orang meninggal dunia, dan 24 orang lainnya mengalami luka-luka.

Selain itu ada juga 30 titik ruas jalan, sembilan unit jembatan, 22 unit fasilitas pendidikan, tiga unit fasilitas kesehatan, 24 unit kantor pemerintahan, tiga unit kantor swasta, dan 35 titik saluran irigasi yang rusak akibat gempa, serta lainnya.

"Untuk itu kita sudah mendirikan tenda untuk masyarakat, bilamana dibutuhkan jika sewaktu-waktu ada gempa susulan. Bersama BMKG dan BPBD Taput juga sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya mengetahui informasi terbaru agar tidak termakan isu di lapangan tentang penyelamatan diri dan evakuasi," jelas Zulham.



Simak Video "Kapolri Kunjungi RSUD Cianjur, Pastikan Penanganan Pasien Berjalan Baik"
[Gambas:Video 20detik]
(afb/afb)