Analisa BMKG soal Gempa M 4,5 Guncang Pasaman Barat

Sumatera Barat

Analisa BMKG soal Gempa M 4,5 Guncang Pasaman Barat

Jeka Kampai - detikSumut
Rabu, 28 Sep 2022 12:41 WIB
Seismograph with paper in action and earthquake - 3D Rendering
Ilustrasi gempa (Getty Images/iStockphoto/Petrovich9)
Pasaman Barat -

Gempa berkekuatan Magnitudo 4,5 mengguncang Pasaman Barat, Sumatara Barat. Gempa itu membuat pegawai yang ada di Kantor Bupati Pasaman Barat berhamburan.

Kepala Stasiun Geofisika Padang Panjang BMKG, Suhaidi Ahadi mengatakan gempa yang terjadi di Pasaman Barat merupakan gempa jenis dangkal.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat sesar aktif segmen Talamau," kata Suhaidi melalui keterangannya, Rabu (28/9/2022).


Menurut Suhadi, guncangan gempa bumi kali ini dirasakan di Pasaman Barat dan Pasaman Timur II-III MMI. Artinya, getaran gempa dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan truk berlalu.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," katanya.

"Hingga pukul 11.00 WIB juga belum tercatat adanya gempa bumi susulan," tambah dia.

Ia meminta agar masyarakat waspada dan tidak percaya dengan segala informasi yang tidak bersumber dari saluran resmi.

"Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa sebelum kembali ke dalam rumah," tuturnya.

Pegawai Kantor Bupati Berhamburan Saat Gempa Pasaman

Pelaksana Tugas Kepala BPBD Kabupaten Pasaman Barat, Azhar menyebutkan, saat ini warga masih waspada dan masih berkumpul di luar rumah atau di luar perkantoran.

"Posisi saya saat ini di kantor bupati. Saat gempa tadi, kami sedang di dalam, sehingga semuanya berhamburan keluar," kata Azhar kepada detikSumut, Rabu (28/9/2022).

Menurut Azhar, gempa terasa cukup kuat sekali. "Cukup kuat. Belum ada yang berani masuk lagi (ke dalam). Masih ngumpul di halaman," lanjut dia.

Sejauh ini pihaknya belum menerima laporan kerusakan akibat gempa tersebut. "Kita masih menunggu laporan dari daerah-daerah. Kita minta masyarakat tetap tenang dan waspada," katanya lagi.



Simak Video "Gempa M 4,5 Guncang Pasaman Barat, Warga Siaga"
[Gambas:Video 20detik]
(astj/astj)