Resmikan Pasar Aksara, Bobby Minta Dana dari Pedagang Dikembalikan

Resmikan Pasar Aksara, Bobby Minta Dana dari Pedagang Dikembalikan

Jihaan Khoirunnisa - detikSumut
Selasa, 27 Sep 2022 20:23 WIB
Bobby Resmikan Pasar Aksara
Foto: Pemko Medan
Jakarta -

Wali Kota Medan Bobby Nasution meresmikan gedung Pasar Aksara baru. Gedung yang berlokasi di Jalan Mesjid, Medan Estate, Kabupaten Deli Serdang ini memberikan tempat lebih nyaman, baik bagi pedagang maupun pembeli.

Adapun peresmian Pasar Aksara ditandai dengan penandatanganan prasasti dan penekanan tombol sirine. Bobby berharap kehadiran Pasar Aksara dapat menjawab keinginan pedagang agar dapat segera melakukan aktivitas jual-beli di tempat yang lebih memadai.

"Peresmian ini patut kita syukuri bersama. Kebakaran yang melanda 6 tahun lalu membawa Pak Presiden Joko Widodo melakukan peninjauan hingga akhirnya dibangunlah gedung yang baru. Maka melalui kami ajak kita semua untuk mengucapkan terima kasih ke Pak Presiden, Menteri PUPR juga Wali Kota Medan yang lebih dahulu, ada Pak Eldin, Pak Akhyar juga Pemkab Deli Serdang. Karena semua yang hari ini kita lihat melewati proses," kata Bobby dalam keterangan tertulis, Selasa (27/9/2022).


Suami Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu ini mengungkapkan peresmian dilakukan setelah semua infrastruktur maupun persoalan lainnya telah rampung. Termasuk mengembalikan dana yang semula akan dipakai untuk kontribusi penyediaan fasilitas kios.

Bobby pun mendorong Dirut PUD Pasar Kota Medan Suwarno agar dapat mengembalikan uang yang sempat disetorkan pedagang. "Saya minta semua persoalan itu diselesaikan. Dalam waktu seminggu ini harus siap semua ya, Pak," katanya.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Pemko Medan itu juga minta seluruh pedagang untuk sama-sama merawat bangunan yang memiliki 859 kios tersebut.

"Ibu-ibu, pedagang yang saya sayangi, ada hal yang memang wajib kita bayar yaitu retribusi dan pajak. Dari situ lah kita lakukan perawatan, kalau tidak uangnya dari mana? Tapi, kalau ada kutipan-kutipan lain, jangan mau bayar ya," tuturnya.

Sementara itu, seorang wanita paruh baya yang merupakan pedagang pakaian meminta kepada Bobby Nasution untuk memperbaiki akses jalan dari dan menuju Pasar Aksara. Merespons permintaan tersebut, Bobby mengatakan pihaknya akan segera berkomunikasi dengan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang.

"Saya sudah koordinasikan dengan Pemkab Deli Serdang, Bu. Sabar ya. Yang terpenting mulai saja dulu berdagang di sini, jadi kalau makin banyak yang dagang maka jadi alasan kita untuk perbaiki jalan," ungkapnya.

(ncm/ega)