Sahroni Minta Kapolres Langkat Disidang Soal Penangkapan Anggota DPRD

Tim detikSumut - detikSumut
Sabtu, 24 Sep 2022 01:05 WIB
Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni saat memberikan keterangan di Medan
Foto: Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni saat memberikan keterangan di Medan (Ahmad Arfah/detikSumut)
Medan -

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni menyampaikan kecaman terhadap penetapan tersangka dan penangkapan anggota DPRD Langkat, ZH. Sahroni pun meminta agar Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok diperiksa secara etik terkait hal itu.

"Saya minta Kapolres Langkat segera disidangkan secara etik melalui mekanismenya, karena dia melakukan kriminalisasi terhadap pejabat negara yang melakukan fungsinya sebagai anggota legislatif di daerah pemilihan," ucap Sahroni di Medan, Jumat (23/9/2022).

Hal ini disampaikan Sahroni saat menghadiri acara silaturahmi di DPW NasDem Sumut. Sejumlah pengurus NasDem Sumut seperti Sekretaris NasDem Sumut Syarwani, Bendahara NasDem Sumut Iqbal P Simangunsong, Ketua Bappilu NasDem Sumut Salman Ginting, hingga Wakil Ketua DPRD Sumut dari Fraksi NasDem Rahmansyah Sibarani turut mendampingin Sahroni saat memberikan pernyataan itu.


Sahroni mengaku dirinya sudah menghubungi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengenai hal ini. Politisi partai NasDem itu mengatakan dirinya menyampaikan keberatan ke Kapolri karena adanya anggota DPRD Langkat yang ditangkap.

"Saya komplain keras terkait apa yang dilakukan oleh Polres Langkat melakukan kesewenang-wenangan dan melakukan kriminalisasi anggota DPRD aktif yang sedang menjalankan fungsinya. Dengan segala upaya diduga berkompromi dengan salah satu perusahaan yang akhirnya melaporkan anggota legislatif tersebut dan akhirnya tidak melalui melalui mekanisme yang sesuai dijadikan tersangka dan ditahan, juga digeledah," tuturnya.

Sahroni kemudian mengatakan dirinya mendapatkan informasi sejumlah personel kepolisian sudah diperiksa Div Propam Mabes Polri terkait kasus ini. Namun dia mengaku belum mengetahui sudah sejauh mana proses pemeriksaan Div Propam itu.

"Yang saya dengar terakhir sudah diambil alih sama Paminal Mabes Polri untuk tindak lanjut apa yang sudah dilakukan," jelasnya.

Anggota DPRD Langkat tersangka kasus penghasutan, baca di halaman berikutnya....



Simak Video "Ada Agenda Kenegaraan, Jokowi Bakal Hadiri HUT NasDem Secara Virtual"
[Gambas:Video 20detik]