Presiden Minta Gunakan Kendaraan Listrik, Bobby Bakal Beli Mobil Baru

Presiden Minta Gunakan Kendaraan Listrik, Bobby Bakal Beli Mobil Baru

Nizar Aldi - detikSumut
Kamis, 15 Sep 2022 16:12 WIB
Bonas Cup adalah turnamen sepak bola yang digagas oleh Bobby Nasution, Wali Kota Medan. Even ini pun langsung mendapat banyak apresiasi dan atensi.
Wali Kota Medan Bobby Nasution (Dok. Bonas Cup)
Medan -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengintruksikan agar kepala daerah hingga menteri menggunakan kendaraan listrik sebagai kendaraan dinas. Hal itu tertuang dalam Intruksi Presiden (Inpres) No. 7 Tahun 2022, per tanggal 13 September 2022.

Menanggapi Inpres tersebut, Wali Kota Medan Bobby Nasution mengatakan akan menindak lanjuti Inpres Jokowi itu. Apalagi mengingat Medan merupakan salah satu kota besar di Indonesia.

"Ya pasti keinginan kita, Medan kota besar di Indonesia pengen sudah bertransformasi ke arah sana sesuai dengan intruksi presiden. Pasti akan kita tindak lanjuti," kata Bobby Nasution di Medan, Kamis (15/9/2022).


Bobby mengatakan anggaran untuk membeli mobil dinas baru memang ada. Namun tahun lalu anggaran itu dicoret.

"Kalau APBD memang kemarin secara struktur keuangan kemarin itu aja mau beli mobil dinas untuk Wali Kota dan Wakil Wali Kota ada anggarannya, (tapi) kita coret kemarin," jelasnya.

Alasan pencoretan tersebut, kata Bobby, karena secara biaya perawatan sangat memberatkan APBD, sehingga mereka berencana menggunakan skema sewa mobil dinas. Hal itu sebelum adanya intruksi presiden terbaru.

"Secara memang untuk mobil ini dari awal tahun kemarin sudah kita bicarakan memang ada keinginan kita, skema pertama kemarin ya sebelum ada intruksi Pak Presiden untuk mengubah sistem, jadi tidak ada lagi beli mobil dinas, kita hanya sewa saja, itu opsi-opsi yang kita mintakan kemarin, karena biaya perawatannya kemarin," ujarnya.

Setelah adanya intruksi tersebut, Bobby menyebutkan akan memasukkan opsi tambahan untuk membeli mobil listrik sebagai kendaraan dinas di Kota Medan.

"Namun bilamana sudah ada intruksi maka opsi-opsi itu akan kita tambah lagi untuk beli mobil listrik," sebutnya.

Terkait dengan kapan akan dilakukan pembelian mobil tersebut, Bobby mengatakan mereka akan membicarakan terlebih dahulu.

"Nanti kita bicarakan dulu, kan instruksi Pak Presiden baru disampaikan kemarin secara langsung. Nanti kita coba pola kan dulu untuk di Kota Medan," tutupnya.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menertibkan Instruksi Presiden (Inpres) nomor 7 tahun 2022. Inpres itu berisikan perintah ke menteri hingga kepala daerah untuk mempercepat penggunaan kendaraan listrik sebagai kendaraan dinas.

Dilansir detikFinance Kamis (15/9/2022), Inpres tersebut memaparkan dalam rangka percepatan pelaksanaan program penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (battery electric vehicle) sebagai kendaraan dinas operasional dan/atau kendaraan perorangan dinas instansi pemerintah pusat dan pemerintahan daerah, memberikan instruksi kepada para menteri hingga gubernur dan bupati.

Selanjutnya di bagian pertama tertulis, mengambil langkah-langkah yang diperlukan sesuai tugas pokok, fungsi, dan kewenangan masing-masing untuk melakukan percepatan pelaksanaan program penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (battery electric vehicle) sebagai kendaraan dinas operasional dan/atau kendaraan perorangan dinas instansi pemerintah pusat dan pemerintahan daerah menggantikan kendaraan dinas operasional dan/atau kendaraan perorangan dinas instansi pemerintah pusat dan pemerintahan daerah saat ini.



Simak Video "Bobby Nasution ke UMKM Expo 'Medan di Jakarta': Untuk Naikkan Kelas"
[Gambas:Video 20detik]
(afb/afb)