Sungai Meluap di Jalan Lintas Asahan, Warga Takut Melintas

Sungai Meluap di Jalan Lintas Asahan, Warga Takut Melintas

Perdana Ramadhan - detikSumut
Minggu, 28 Agu 2022 20:21 WIB
Pengendara berusaha menerobos genangan air akibat luapan sungai Silau di Jalan lintas Provinsi menghubungkan Asahan - Simalungun. (Istimewa)
Foto: Pengendara berusaha menerobos genangan air akibat luapan sungai Silau di Jalan lintas Provinsi menghubungkan Asahan - Simalungun. (Istimewa)
Kisaran -

Banjir kiriman akibat luapan sungai Silau mengakibatkan jalan lintas provinsi yang menghubungkan Kabupaten Asahan dengan Simalungun melalui jalan besar Sei Silau - Bandar Pasir Mandoge terputus.

Informasi berdasarkan video yang diterima wartawan, Minggu (28/8/2022) pukul 15:00 WIB terjadi kemacetan panjang akibat kenderaan yang ingin melintas seluruhnya berhenti kare melewati genangan air yang diperkiraan tingginya sudah di atas 50 centimeter di badan jalan.

Genangan itu akibat luapan air sungai Silau yang bersempadan dengan badan jalan. Karena debet air besar mengakibatkan volumenya tumpah hingga ke badan jalan. Meski di daerah tersebut belum terjadi hujan.


"Di atas ini pagi tadi mungkin hujan makanya luapan airnya deras sampai ke sini. Walaupun di sini belum hujan," kata salah seorang warga pengguna jalan bernama Heri.

Dia pun lebih memilih tak melanjutkan jalan dan mencari jalan memutar ketimbang menerobos genangan air di badan jalan.

"Karena kit aga tau di tengah jalan ini ketinggian banjirnya berapa. Dari pada mogok," kata dia.

Kondisi genangan air mengakibatkan jalan terputus tersebut, terjadi persisnya di Jalan Besar Sei Silau, Desa Buntu Pane Dusun V Kecamatan Buntu Pane Kabupaten Asahan.

Camat Buntu Pane, Rahmad Hidayat Rambe dikonfirmasi wartawan membenarkan hal tersebut. Ia melanjutkan jika ada warga yang ingin melintas sebaiknya berhati-hati atau memilih jalur lain.

"Banjir karena luapan sungai Silau itu. Tapi biasanya genangan itu enggak lama. Biasa empat jam sudah surut," kata dia.

Akibat luapan itu, beberapa rumah warga sekitar juga ikut terdampak genangan air.



Simak Video "Sudah 24 Jam, 200 Nakes Duduki DPRD Asahan Demi Pengesahan Insentif"
[Gambas:Video 20detik]
(bpa/bpa)