Semarak Kemerdekaan, Pemkot Medan Adakan Lomba Hias Mobil Damkar

Nizar Aldi - detikSumut
Rabu, 17 Agu 2022 20:25 WIB
Lomba hias mobil damkar di Medan
Foto: Lomba hias mobil damkar di Medan (Istimewa)
Medan -

Semarakkan HUT ke-77 RI, Pemkot Medan mengadakan lomba hias mobil pemadam kebakaran (damkar). Ada lima UPT Dinas Pencegahan dan Pemadam Kebakaran (P2K) yang ikut dalam lomba tersebut.

Setelah dihias, lima armada mobil damkar tersebut melakukan pawai di beberapa ruas jalan Kota Medan. Mulai dari jalan Pengadilan tepatnya di depan Makodim 0201/Medan dan berakhir di Mako Dinas P2K, Jalan Candi Borobudur.

Kepala Dinas P2K Albon Sidauruk mengatakan lomba hias mobil damkar tersebut untuk memeriahkan HUT ke-77 RI. Selain itu juga untuk memupuk rasa kebersamaan dan kerjasama tim dalam melaksanakan tugas nantinya.


"Memeriahkan HUT RI ke-77, kita gelar perlombaan menghias armada mobil damkar. Tujuannya selain sebagai rangkaian menyemarakkan hari kemerdekaan, juga untuk lebih memupuk rasa kebersamaan dan team work dalam melaksanakan tugas sebagai petugas pencegah dan pemadam kebakaran," kata Albon Sidauruk dalam keterangan yang diterima detikSumut, Rabu (17/8/2022).

Yang bertindak sebagai juri dalam lomba hias damkar tersebut adalah pihak dari Kodim 0201/Medan, Dinas Kominfo dan Dinas Pendidikan Kota Medan. Hal itu guna dalam penilaiannya lebih objektif dan berkualitas.

Bagi pemenang lomba hias ini akan diberikan hadiah berupa uang. Akan tetapi Albon menyebutkan yang paling utama dalam lomba ini bukanlah hadiahnya, namun semangat kebersamaan dan kekompakan lah yang menjadi poin utamanya.

"Juara pertama lomba hias armada mobil damkar kita berikan Rp 1 juta, juara kedua Rp 750 Ribu dan juara ketiga Rp 500 ribu. Namun bukan hadiah yang paling utama dalam perlombaan ini, tetapi kekompakan dan kebersamaan yang dapat menjadi spirit dalam melaksanakan tugas melayani masyarakat saat terjadi musibah kebakaran. Artinya lomba ini untuk menggelorakan semangat dalam bekerjasama dan berkolaborasi," sebutnya.

Melihat kreativitas dan inovasi para anggotanya dalam menghias mobil damkar, Albon berharap tahun depan akan lebih meriah lagi. Mengingat tahun depan ada rencana penambahan UPT Dinas P2K di Medan.

"Hasil kreativitas dan inovasi para personil dalam menghias mobil damkar luar biasa. Kita harapkan di tahun depan akan lebih semarak dan meriah, sebab direncanakan akan bertambah jumlah UPT Dinas P2K di tahun depan," ujarnya.

Sebelum melakukan perlombaan, lima mobil damkar tersebut ditambah beberapa armada lainnya menyalahkan sirene detik-detik proklamasi di beberapa persimpangan jalan. Mobil yang ditempatkan di beberapa persimpangan tersebut secara serentak menghidupkan sirene tepat pukul 10.05 WIB.

"Armada Mobil Damkar tersebut ditambah dengan seluruh UPT yang ada secara serentak menghidupkan sirine tepat pukul 10.05 detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia," tutupnya.



Simak Video "Rezeki Nomplok Bagi Perajin Bendera Merah Putih Jelang HUT RI"
[Gambas:Video 20detik]
(afb/afb)