Aceh

HUT Ke-77 RI, Pemuda Pidie Kibarkan Merah Putih di Gunung Halimun

Agus Setyadi - detikSumut
Rabu, 17 Agu 2022 17:18 WIB
Peringatan HUT RI di Gunung Halimun.
Peringatan HUT RI di Gunung Halimun. (Foto: Istimewa)
Banda Aceh -

Tim Pidie Adventure mengibarkan bendera Merah Putih di Gunung Halimun, Gampong Blang Pandak, Kecamatan Tangse. Bendera itu dikibarkan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia.

Pengibaran bendera tersebut dilakukan delapan pemuda Pidie termasuk dua orang perempuan. Mereka mendaki gunung tersebut dengan tajuk 'Ekspedisi Merdeka Halimun Mountain 2022'.

"Pendakian gunung itu hanya sebuah kegiatan, namun semangat meraih puncak itu yang harus kita implementasikan sebagai wujud kekuatan bangsa ada di pemuda, pemuda harus kuat, kreatif dalam memajukan negara," kata Ketua Tim Pidie Adventure, Fakhrur Reza kepada wartawan, Rabu (17/8/2022).


Keberangkatan ekspedisi pendaki tersebut dilepas Pj. Bupati Pidie Wahyudi Adisiswanto, Kamis (11/8) lalu. Tim Pidie Adventure bersama Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Pidie juga sempat santunan kepada anak Yatim dan membagikan bendera kepada masyarakat Blang Pandak sebelum melakukan pendakian.

Reza mengatakan, pendakian untuk pengibaran bendera tersebut merupakan semangat pemuda untuk meraih puncak kemerdekaan. Dia juga menjelaskan alasan mengikutsertakan perempuan dalam tim.

"Ini untuk membuktikan perempuan Aceh itu kuat, dan mampu berjuang untuk tanah air," jelas Reza.

Kadisparpora Pidie Edy Saputra, mengatakan kegiatan tersebut merupakan rangkaian memeriahkan HUT RI. Kali ini, Pemerintah Kabupaten Pidie bekerja sama dengan komunitas pecinta alam dan lingkungan untuk ikut ambil peran dalam peringatan hari kemerdekaan.

"Ini bagian sinergitas pemerintah bersama masyarakat dalam memeriahkan HUT ke-77 RI. Gunung Halimun, adalah gunung bersejarah dalam perjuangan kemerdekaan bangsa Aceh melawan Belanda. Karena semangat sejarah tersebutlah, kita memilih pengibaran di Gunung Halimun," jelasnya.



Simak Video "Melihat Lagi Paskibra di Tangerang Becek-becekan di Upacara HUT RI"
[Gambas:Video 20detik]
(agse/dpw)