Riau

6 Ribu Pelanggan Terdampak Cuaca di Kampar, PLN Langsung Pulihkan

Raja Adil Siregar - detikSumut
Sabtu, 13 Agu 2022 16:40 WIB
Petugas PT PLN melakukan pemeliharaan jaringan.
Ilustrasi (Achmad Hussein Syauqi/detikJateng)
Kampar -

Angin puting beliung dan hujan deras menyebabkan listrik di Kampar, Riau padam malam tadi. Namun listrik siang ini sudah mulai pulih.

Manager PLN ULP Bangkinang, Endryez Iwan Prathama mengatakan akibat dari bencana alam tersebut pasokan listrik terganggu. Ada sekitar 6.105 pelanggan terdampak.

"Ada sekitar 6.105 pelanggan kami yang terdampak malam tadi di Kampar," ucap Iwan, Sabtu (13/8/2022).


Daerah yang terdampak padam yaitu Desa Batu Bersurat, Binamang, Gunung Bungsu, Muara Takus, Koto Tuo, Koto Tuo Barat, Pongkai Istiqomah dan Gunung Malelo. Selain itu ada juga Desa Bandur Picak, Bongkai, Siberuang, Tabing dan Tanjung.

"Kami telah mengerahkan petugas yang terdiri Tim Teknik PLN ULP Bangkinang dan mitra kerja mengamankan lokasi kejadian. Termasuk dari potensi bahaya listrik untuk mempercepat pemulihan," katanya.

Selama proses pemulihan yang memakan waktu hampir 15 jam lebih, Iwan menyebut petugas di lapangan minimalisir daerah yang terdampak padam akibat gangguan penyulang tersebut. Upaya tersebut yakni dengan melakukan manuver penyulang.

"Dari kejadian ini PLN mengalami kerugian diperkirakan sebesar Rp 80 juta. Namun pukul 10.50 WIB tadi kami sudah berhasil memulihkan tiang listrik yang tumbang dan melakukan penormalan pasokan listrik secara bertahap," katanya.

Atas insiden tersebut, PLN meminta maaf kepada seluruh pelanggan akibat insiden tumbangnya tiang listrik akibat cuaca ekstrem. PLN menghimbau kepada seluruh pelanggan juga dapat melaporkan segala bentuk gangguan atau keluhan kelistrikan melalui call center PLN di (kode area) 123 atau dengan Aplikasi PLN Mobile.

4 Tiang Listrik di Kampar Tumbang Diterjang Angin Puting Beliung. Baca Halaman Selanjutnya



Simak Video "Puting Beliung Hantam Pasar Banjarnegara, Atap Kios Beterbangan"
[Gambas:Video 20detik]