Riau

Hore! Ada Mall Vaksinasi dan Imunisasi di Riau, Pertama di Indonesia

Raja Adil Siregar - detikSumut
Kamis, 11 Agu 2022 11:08 WIB
Mal vaksinasi dan imunisasi di Pekanbaru, Riau.
Mal vaksinasi dan imunisasi di Pekanbaru, Riau. (Foto: Raja Adil Siregar/detikSumut)
Pekanbaru -

Bagi warga Riau yang hendak melakukan vaksinasi dan imunisasi lengkap, tak lagi ribet berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Kini hadir fasilitas yang akan melayani vaksinasi dan imunisasi di satu tempat, namanya Mall Vaksinasi dan Imunisasi.

Jangan salah, mal ini bukan seperti mal seperti umumnya yang menjadi tempat berbelanja atau hiburan. Mal ini dikhususkan untuk warga yang hendak mendapatkan vaksinasi atau imunisasi. Keren!

Jam operasional Mall Vaksinasi dan Imunisasi pertama di Indonesia ini pun sama dengan operasional mal pada umumnya, yakni mulai pukul 10.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB, setiap hari. Lokasinya di Jalan Melur, Sukajadi Pekanbaru dan baru Gubernur Riau Syamsuar, hari ini.


"Mal ini melayani vaksinasi dan imunisasi. Ini semua adalah kerja bersama. Sekarang ini pandemi COVID-19 belum berakhir dan di Riau terkonfirmasi positif masih ada 256 (kasus). Sebanyak 22 pasien di rumah sakit dan sisanya isolasi," kata Syamsuar, Kamis (11/8/2022).

Dari total 22 orang dirawat, 4 orang masih dalam perawatan intensif di ICU ventilator. Sehingga, Pemprov Riau memutuskan buat Mall Vaksinasi dan Imunisasi agar dapat meningkatkan daya tahan tubuh masyarakat Riau.

"22 orang ini ada 4 orang di ICU ventilator. Kita berharap semua sehat, tapi kita yang sehat perlu melakukan langkah vaksinasi. Bulan suci ramadhan kemarin kita buat rumah vaksin. Hari ini kita buat lagi tempat vaksin khusus agar masyarakat yang sibuk bisa datang ke sini," kata Syamsuar.

Mal vaksin dan imunisasi akan menjadi sarana vaksinasi yang diperuntukkan bagi masyarakat yang membutuhkan layanan vaksinasi. Mal ini bukan hanya menyediakan vaksin COVID-19, tetapi juga vaksin lain, termasuk imunisasi untuk anak-anak.

Di gedung empat laintai itu, dipastikan tersedia vaksin dosis I, II dan booster. Termasuk vaksin imunisasi BCG DPT Polio, DPT HBi, campak, rubella dan hepatitis.

"Ada imunisasi lengkap juga seperti BCG DPT Polio, rubella, hepatitis dan lainnya. Sementara untuk vaksinasi COVID-19 di sini tersedia vaksin dosis I, II sampai ke booster," imbuh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Zainal Arifin.

Zainal mengaku ide membuat mal vaksin ini bermula dari tingginya animo masyarakat Riau. Terutama agar mendapatkan vaksin COVID-19 saat ada Rumah Vaksin di Dinas Kesehatan beberapa waktu lalu.

Di Rumah Vaksin tersebut, tercatat ada 500 sampai 600 kunjungan setiap hari. Bahkan banyak masyarakat memberikan testimoni butuh lokasi vaksin di luar jam kerja mereka yang padat.

"Lewat Rumah Vaksin kemarin masyarakat bisa vaksin di luar jam kerja atau setelah jam pulang kerja. Makanya dari masukan-masukan itu kita buat mal ini yang bukanya 7 hari dalam sepekan, 30 hari dalam satu bulan atau 12 jam sehari. Artinya tidak ada libur, sama seperti mal pada umumnya," kata Zainal.

Untuk layanan sendiri, Zainal memastikan stok vaksin terus tersedia di mal tersebut. Bahkan bila kunjungan meningkat melebihi 600 kunjungan setiap hari akan disediakan mobil vaksin.



Simak Video "Warga di Pekanbaru Cekcok Gegara Gangguan Suara Toa Masjid"
[Gambas:Video 20detik]
(ras/dpw)