Makna, Sejarah dan Profil Pencipta Lagu Indonesia Raya

Makna, Sejarah dan Profil Pencipta Lagu Indonesia Raya

Tim detikNews - detikSumut
Senin, 01 Agu 2022 11:59 WIB
Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat III Angkatan ke-68 mengibarkan bendera merah putih di atas Mercusuar Karang Unarang, Perairan Ambang Batas Laut (Ambalat), Nunukan, Kalimantan Utara, Senin (13/9/2021). Mercusuar tersebut merupakan tanda perbatasan perairan laut antara Indonesia dengan Malaysia. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/foc.
Ilustrasi pengibaran bendera merah putih (ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)
Medan -

Lagu Indonesia Raya merupakan lagu wajib nasional Indonesia. Lagu Indonesia Raya juga kerap kali dikumandangkan saat upacara atau dalam berbagai aktivitas kegiatan lainnya yang mewajibkan dikumandangkannya lagu Indonesia Raya.

Tapi, tahukah kami siapa yang menciptakan lagu Indonesia Raya. Mungkin banyak yang belum mengetahui siapa yang menciptakan lagu tersebut.

Sebelum membahas siapa yang menciptakan lagu Indonesia Raya, baiknya kita lebih dahulu tahu makna dibalik lagu itu.


Makna Lagu Indonesia Raya

Makna lagu Indonesia Raya sebagai lagu wajib nasional tentunya memiliki tujuan atau manfaatnya. Pada umumnya, ada banyak sekali manfaat atau fungsi lagu wajib nasional, termasuk lagu Indonesia Raya. Sebenarnya di antara dari sekian banyak lagu wajib nasional memiliki tujuan yang sama, antara lain yaitu

  • Menanamkan dan menumbuhkan rasa cinta tanah air.
  • Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.
  • Mereduksi sifat-sifat kedaerahan bangsa.

Siapa pencipta lagu Indonesia Raya? Simak ulasannya

Pencipta lagu Indonesia Raya adalah Wage Rudolf Soepratman atau yang dikenal dengan nama WR Soepratman. Beliau merupakan sosok di balik terciptanya lagu Indonesia Raya yang kerap dikumandangkan saat pelaksanaan upacara.

Profil Singkat Wage Rudolf Soepratman:

Wage Rudolf Soepratman adalah seorang komponis kenamaan Indonesia. Dilansir dari situs Museum Sumpah Pemuda Kemdikbud, WR Soepratman lahir pada Jumat Wage, tanggal 19 Maret 1903 di Desa Somongari, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Dalam sejarahnya, Wage Rudolf Soepratman juga terlibat dalam kancah politik Indonesia. WR Soepratman merupakan salah satu tokoh yang terlibat dalam deklarasi Sumpah Pemuda bersama tokoh-tokoh nasional lainnya.

Wage Rudolf Soepratman wafat pada 17 Agustus 1938 di Jalan Mangga No.21, Tambak Sari, Surabaya akibat gangguan jantung. Almarhum WR Soepratman dimakamkan di Pemakaman Umum Kapasan, Jalan Tambak Segaran Wetan, Surabaya. Dan, atas jasa-jasanya dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, Wage Rudolf Soepratman mendapatkan berbagai penghargaan.

Udah Tahu Belum Sejarah Diciptakannya Lagu Indonesia Raya. Baca Halaman Berikutnya:



Simak Video "Sakit Hati Dibilang Pengangguran, Pria di Medan Tusuk Keponakan"
[Gambas:Video 20detik]