Berita Nasional

Cyrus Network Prediksi Pencapresan Ganjar Timbulkan Polarisasi

Tim detikNews - detikSumut
Sabtu, 30 Jul 2022 23:10 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Banyumas, Senin (18/7/2022).
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Foto: dok. Pemprov Jateng)
Jakarta -

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo digadang-gadang akan ikut meramaikan Pilpres 2024 mendatang. Lembaga survei Cyrus Network khawatir pencalonan politisi PDI Perjuangan itu akan menimbulkan polarisasi di tengah masyarakat.

Founder Cyrus Network, Hasan Hasbi khawatir polarisasi itu akan muncul, apalagi ketika Ganjar disandingkan dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Pasalnya, para pendukung Anies akan menolak keras terhadap Ganjar, seperti kepada Jokowi.

"Jadi semua kebencian dari orang-orang yang mendukung Anies ini, semua kebencian pada Jokowi itu copy-paste tuh," katanya dikutip dari detikNews, Sabtu (30/7/2022).


"Jadi kalau tidak mau ada polarisasi yang politik identitas, desain politiknya jangan kasih orang orang ini untuk di atas," tambahnya.

Di sisi lain Hasbi menilai Ganjar Pranowo bagaikan 'little Jokowi' atau Jokowi kecil. Walau Ganjar sangat mirip Jokowi, elektabilitas Ganjar masih di bawah Jokowi.

"Little Jokowi itu artinya dia dianggap sangat mirip dengan Jokowi tapi tidak sebaik Jokowi," kata Hasan.

Ganjar sendiri masuk ke dalam salah satu bakal calonn Presiden yang diusung oleh Partai Nasdem. Selain Ganjar ada Anies Baswedan dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Tiga nama itu diumumkan oleh Ketua Umum Surya Paloh di Rakernas NasDem, JCC, Senayan, Jakarta, Jumat (17/6/2022). Ketiga nama itu berdasarkan hasil usulan seluruh DPW NasDem yang dilanjutkan dalam musyawarah steering committee.

"Saya coba buka rekomendasi yang ditujukan kepada saya, dengan amanah rakernas ini memutuskan menetapkan rekomendasi nama-nama bakal capres RI yang akan diusung oleh partai NasDem di 2024 mendatang dari 3 nama. 3 nama ini adalah pilihan saudara-saudara, saya harus mengingatkan tidak ada yang kurang satu sama lain di antara 3 nama ini. Nilainya sama di mata saya sebagai ketum DPP, urutannya boleh satu, dua, tiga, tapi itu berdasarkan urutan baca. Kualifikasinya sama, dan itulah komitmen saya kepada saudara-saudara di rakernas ini" ujar Paloh.



Simak Video "HUT RI, Ganjar Bentangkan Merah Putih Sepanjang 22 Meter Bareng Buruh"
[Gambas:Video 20detik]
(astj/astj)