11 Cara Screenshot di Komputer Windows dan Mac OS Mudah dan Simpel

11 Cara Screenshot di Komputer Windows dan Mac OS Mudah dan Simpel

Tim detikSumut - detikSumut
Rabu, 06 Jul 2022 10:57 WIB
A man analysis business document with laptop computer counting with cost and writing make note at office, Business financial concept
Ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Natee Meepian)
Medan -

Screenshot atau tangkapan layar adalah salah satu fitur di komputer atau laptop yang sering digunakan. Fitur ini bisa digunakan untuk mengambil gambar atau merekam video dari laptop atau PC.

Gambar dari mulai tampilan game sampai gambar yang hendak kamu bagikan kepada teman, bisa diambil dengan fitur ini. Gambar hasil screenshot juga bisa tersimpan di arsip dengan mudah tanpa ribet.

Ada berbagai cara untuk screenshot di laptop baik Windows atau Mac OS dengan fungsi yang berbeda. Dirangkum dari detikInet dan CNBC Indonesia, cara di bawah ini tentunya mempermudah para pengguna laptop untuk menangkap layar.

Cara Screenshot di Windows 10

Laptop atau komputer berbasis Windows 10 biasanya menggunakan tombol Print Screen (PrtScr) yang ada pada keyboard. Tombol ini terletak pada baris atas sebelah kanan papan ketik. Namun, untuk beberapa jenis laptop atau komputer biasanya memerlukan tombol fungsi lain untuk tangkapan layar atau screenshot.

Berikut cara screenshot di laptop Windows 10:


1. Menggunakan Tombol PrtScr

Dengan menggunakan metode ini seluruh bagian layar akan tertangkap dengan satu kali pencet. Caranya tekan tombol PrtScr yang biasanya ada di sisi kanan atas keyboard. Nantinya hasil screenshot akan tersimpan di clipboard dan kalian hanya perlu mem-paste-nya.

Untuk melihat hasilnya, buka aplikasi Paint atau Word dan salin screenshot yang baru diambil dengan tombol Ctrl+V. Setelah hasil terlihat di layar, kalian tinggal menyimpan gambar tersebut dengan klik gambar disket di sisi kiri atas.

2. Mengunakan Tombol Alt + PrtScr

Cara selanjutnya untuk melakukan tangkapan layar di laptop, Anda bisa menggunakan shortcut Alt + PrtSc. Shortcut tersebut berfungsi untuk screenshot layar yang sedang aktif saja. Seperti ketika Anda sedang membuka YouTube dengan tampilan minimize, maka hasil screenshot hanya berupa jendela YouTube tersebut.

Hasil tangkapan gambar akan tersimpan di clipboard dan Anda bisa menempelkannya (paste) di aplikasi Paint jika Anda ingin mengedit hasil gambar screenshot tersebut.

3. Mengunakan Tombol Windows + Shift + S

Cara screenshot di laptop Windows 10 juga bisa dilakukan dengan shortcut Windows +Shift +S. Shortcut ini akan membawa Anda ke aplikasi bawaan Windows yang dinamakan Snip & Sketch. Dengan menekan shortcut tersebut, nantinya layar laptop akan meredup dan petunjuk mouse akan berubah.

Anda bisa menentukan sendiri bagian layar mana yang akan di screenshot. Setelah itu, Anda bisa mengedit hasil tangkapan layar di aplikasi Snip & Sketch dan menyimpannya dengan klik ikon save pada bagian atas aplikasi.

4. Menggunakan Tombol Windows + PrtScr

Kombinasi shortcut Windows + PrtSc berfungsi untuk melakukan tangkapan seluruh layar. Anda juga bisa menggunakan kombinasi tombol lain seperti Fn + Windows + PrtSc. Hasil tangkapan layar akan disimpan sebagai foto di folder Picture dengan sub folder Screenshots.

5. Menggunakan Snipping Tool

Snipping tool telah lama menjadi bagian dari Windows, aplikasi ini pertama kali diperkenalkan di Windows Vista. Aplikasi ini bisa mengambil screenshot dengan format yang lebih fleksibel seperti area berbentuk bebas, persegi panjang, jendela aktif yang saja, atau layar penuh.

Cara menggunakannya cukup buka aplikasi Snipping Tool. Setelah jendelanya tampil pilih opsi New atau jika ingin memilih bentuk yang spesifik, klik tanda panah yang ada di sisi kirinya.

Setelah itu pilih area layar yang ingin diambil screenshot-nya. Setelah itu preview screenshot akan ditampilkan dan kalian bisa menyimpan screenshot yang diambil dengan klik ikon disket di sisi kiri atas.

6. Menggunakan Game Bar

Windows 10 memiliki fitur Game Bar yang memungkinkan pengguna untuk merekan cuplikan dari game dan mengambil screenshot dari game Windows. Sebelum menggunakan Game Bar, kalian harus membuka aplikasi Xbox yang merupakan fitur bawaan Windows 10.

Buka pengaturan di aplikasi tersebut, dan cari opsi Game DVR. Setelah itu klik toggle "Take screenshots using Game DVR". Kalian bisa menggunakan kombinasi default yaitu tombol Windows + G, atau kalian bisa memasukkan kombinasi tombol pilihan kalian sendiri untuk membuka Game Bar.

Ketika ingin mengambil screenshot, tekan tombol Windows + G atau tombol pilihan kalian, dan klik kotak "Yes, this is a game" jika muncul. Setelah itu klik ikon kamera yang ada atau tekan Windows + Alt + PrtScr untuk mengambil screenshot. Hasil screenshot dapat diilihat di C:Users[nama user]VideosCaptures.

7. Menggunakan Aplikasi Dropbox

Layanan cloud Dropbox bisa kalian gunakan untuk mengambil screenshot dengan cepat dan otomatis. Untuk mengaktifkan fitur ini, pastikan aplikasi Dropbox sudah terpasang dan terbuka di komputer kalian. Setelah itu, klik foto profil kalian yang ada di sisi kanan atas dan pilih menu Preferences.

Setelah itu klik opsi Import, dan beri tanda centang di kotak dengan tulisan "Save screenshots to your Dropbox". Untuk menyimpan screenshot ini cukup mudah. Bagi pengguna sistem operasi Windows, kalian tinggal memencet Print Screen dan Dropbox akan langsung menyimpannya di akun kalian.

Nah, jika kalian memencet Ctrl + Print Screen, maka kalian bisa menyimpan screenshot ke akun Dropbox dan meng-copy linknya, lantas mempaste link itu ke bodi email, Facebook, atau lainnya. Untuk melihat hasil screenshot, kalian bisa ke folder Dropbox yang ada di Windows Explorer dan masuk ke folder Screenshots.

Cara Screenshot di MacBook atau Mac OS

Tentunya, ada perbedaan antara cara screenshot di laptop dan di MacBook. Karena, laptop lain menggunakan Windows atau Linux. Sementara Macbook, menggunakan Mac OS. Lalu bagaimana cara screenshot layar Mac OS? Simak caranya di bawah ini.

1. Menggunakan Tombol Shift + Command + 3

Cara screenshot di laptop Mac OS pertama adalah dengan tombol Shift + Command + 3. Shortcut ini digunakan untuk menangkap layar secara penuh di MacBook. Setelah itu, Anda bisa menyunting hasil tangkapan layar dengan klik gambar mini di sudut layar.

Untuk langsung menyimpan tanpa mengedit, Anda hanya perlu menunggu sebentar hingga hasil tangkapan layar tersimpan di desktop MacBook.

2. Menggunakan Tombol Shift + Command + 4

Selanjutnya, ada kombinasi shortcut Shift + Command + 4 yang digunakan sebagai cara screenshot sebagian layar MacBook saja. Setelah menekan tombol shortcut, tarik petunjuk bidik untuk memilih area layar yang ingin discreenshot.

Jika Anda ingin memindahkan petunjuk bidik, cukup dengan menahan bar spasi dan tarik petunjuk bidik lalu tentukan kembali area layar yang akan discreenshot.

3. Menggunakan Tombol Shift + Command + 4 + Bar Spasi

Shortcut Shift + Command + 4 + Bar Spasi bisa Anda gunakan untuk screenshot layar pada jendela tertentu. Tekan shortcut keyboard, lalu klik jendela atau menu yang akan ditangkap layar dan tahan tombol option. Anda bisa mengedit hasilnya atau menunggunya hingga tersimpan di desktop MacBook.

Cara Screenshot di Laptop Menggunakan Aplikasi

Selain dengan menggunakan fitur screenshot bawaan laptop, cara screenshot di laptop juga bisa menggunakan aplikasi tambahan atau pihak ketiga. Tentu Anda harus download terlebih dahulu aplikasi tersebut untuk digunakan sebagai aplikasi screenshot laptop.

Adapun beberapa aplikasi pihak ketiga yang bisa Anda gunakan adalah sebagai berikut:
* PhotoScape;
* ShareX;
* GreenShot, dll.



Simak Video "Polisi Ringkus 4 Kurir Bawa 30 Kg Sabu-7 Kg Pil Ekstasi di Jambi"
[Gambas:Video 20detik]
(dpw/dpw)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT