LBH IPK yang Bandingkan Beda Sikap Bobby-Anies soal Holywings

Tim detikSumut - detikSumut
Kamis, 30 Jun 2022 08:25 WIB
Ketua LBH DPD IPK Sumut Dwi Ngai Sinaga saat diwawancarai, Rabu (29/6/2022) (Goklas Wisely)
Ketua LBH DPD IPK Sumut Dwi Ngai Sinaga saat diwawancarai, Rabu (29/6/2022) (Goklas Wisely)
Medan -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wali Kota Medan Bobby Nasution punya sikap berbeda soal Holywings. Anies memutuskan mencabut seluruh izin operasional Holywings di Jakarta. Sedangkan Bobby cuma memberikan teguran.

Ketua LBH DPD IPK Sumut Dwi Ngai Sinaga lantas mempertanyakan sikap berbeda Bobby. Menurut dia harusnya Bobby mencabut izin Holywings seperti yang dilakukan Anies.

"Alasannya, persoalan izin di Holywings di DKI Jakarta dengan Kota Medan serupa. Akan tetapi, kami heran kenapa Pemerintah Kota Medan Bobby Afif Nasution tidak berani mencabut izin Holywings," ujar Dwi, Rabu (29/6/2022).


"Padahal izin Holywings di Jakarta telah dicabut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan," lanjut Dwi.

Dwi memaparkan sejumlah temuannya yang bisa dijadikan alasan Bobby untuk menutup outlet Holywings di Kota Medan.

Kata dia, Holywings di Medan memiliki kode KBLI (Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia) dengan nomor 56301. Artinya izin Holywings hanya sebagai tempat bar.

"Seharusnya izin yang pihak Holywings miliki bukan hanya itu saja, tapi juga kode KBLI 56302, yakni izin klub malam dan diskotik yang menyediakan aneka ragam minuman beralkohol," ungkapnya.

"Jadi, izin operasi dengan apa yang telah dioperasikan pihak Holywings selama ini tidak sesuai. Makanya, Pemkot Medan harus mencabut izin tersebut," tambahnya.

LBH DPD IPK Sumut sendiri telah melaporkan Holywings ke Polda Sumut dengan nomor laporan : STTLP/B/1109/VI/2022/SPKT/Polda Sumut.

Sebelumnya Wali Kota Medan Bobby Nasution mengaku telah menegur manajemen Holywings yang ada di wilayahnya. Teguran itu disampaikan melalui kepolisian.

"Kita berikan teguran melalui Kapolrestabes Medan kepada Holywings. Kita juga telah bertemu degan Holywings serta para pemuda lintas agama," ujar Bobby kepada wartawan di Medan, Selasa (28/6/2022).

Dia juga mengaku telah berkoordinasi dengan forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda) terkait persoalan yang menyoroti Holywings.

"Kemarin kita tanyakan ke forkopimda belum ada sampai menjurus ke penutupan. Tapi tetap kita imbau karena yang dibuat nama itu adalah nama yang sangat berarti bagi umat Muslim dan Kristiani," katanya.

Bobby menghimbau agar Holywings dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat.

"Kemarin kita meminta Holywings untuk minta maaf secara langsung kepada umat Muslim dan Kristiani yang merupakan warga Kota Medan," tutupnya.

Sementara itu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah mencabut izin operasional 12 outlet Holywings di wilayahnya.



Simak Video "Bobby Tegur Manajemen Holywings di Medan"
[Gambas:Video 20detik]
(astj/afb)