HUT Kota Pekanbaru, Bayar PBB di Tokopedia Bisa Dapat Cashback 20%

Jihaan Khoirunnissa - detikSumut
Senin, 27 Jun 2022 10:20 WIB
Tokopedia
Foto: Tokopedia
Jakarta -

Bertepatan pada perayaan Hari Jadi Pekanbaru ke-238, Tokopedia bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Pekanbaru memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Nantinya masyarakat bisa mendapatkan cashback 20% hingga Rp 10 ribu jika membayar PBB melalui aplikasi Tokopedia.

Selain itu, ada juga tambahan diskon dari Pemkot Pekanbaru. Adapun hal ini sejalan dengan langkah Pemkot yang memperpanjang program stimulus atau penghapusan denda Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) untuk buku 1, 2 dan 3 hingga 31 Agustus 2022 mendatang.

"Menurut data, pertumbuhan transaksi PBB masyarakat Pekanbaru melalui aplikasi Tokopedia meningkat lebih dari 2x lipat pada kuartal I 2022 dibanding pada periode sama di tahun 2021. Dari data tersebut, metode pembayaran PBB secara online melalui aplikasi Tokopedia telah menjadi pilihan bagi sebagian masyarakat Pekanbaru," ujar Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Daerah Tokopedia Emmiryzan dalam keterangan tertulis, Senin (27/6/2022).


Di sisi lain, Emmiryzan mengungkapkan adanya pertumbuhan tren belanja online di Pekanbaru. Menurut temuan Tokopedia, kategori Rumah Tangga, Elektronik, Makanan dan Minuman, dan Kesehatan menjadi yang paling laris pada kuartal I 2022.

Sementara itu, pada kuartal I 2022 jumlah transaksi belanja online masyarakat Pekanbaru pun naik hampir 2x lipat jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2021. Di sisi lain, data internal Tokopedia juga mengungkapkan kecamatan Tampan, Marpoyan Damai, Bukit Raya dan Payung Sekaki adalah wilayah di Kota Pekanbaru dengan aktivitas transaksi paling tinggi.

"Seiring dengan meningkatnya transaksi di Kota Pekanbaru, Tokopedia terus menghadirkan berbagai program demi mempermudah masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Misalnya melalui inisiatif Hyperlocal, Tokopedia menghadirkan Kumpulan Toko Pilihan (KTP) Pekanbaru, dan Waktu Indonesia Belanja (WIB)," terangnya.

Dia mengatakan, inisiatif Hyperlocal yang dilaksanakan oleh Tokopedia mengusung teknologi geo-tagging agar masyarakat bisa belanja dari penjual terdekat. Sehingga pelaku UMKM asal Smart City Madani ini memiliki kesempatan yang sama untuk bertumbuh.



Simak Video "Dilayani Tokopedia Dongkrak Omzet UMKM Lokal"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)