Berita Edukasi

Tips Hilangkan Rasa Kecewa karena Tak Lolos SBMPTN 2022, Simak Ya!

Tim detikEdu - detikSumut
Minggu, 26 Jun 2022 09:36 WIB
Selective focus loneliness young asian woman sitting on bedroom floor near the balcony. Depression sadness breaking up asian teenage girl sitting alone hugging knees closing eyes and thinking.
Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/CandyRetriever)
Medan -

Hasil UTBK-SBMPTN 2022 telah diumumkan. Tidak semua peserta yang mendaftar dinyatakan lulus. Berbagai macam hal kamu rasakan ketika dinyatakan tidak lulus, diantaranya sedih dan kecewa.

Sedih boleh, tapi jangan sampai berlarut-larut. Karena dunia tidak berhenti berputar ketika kamu dinyatakan tidak lulus SBMPTN. Semua orang pasti pernah merasakan kegagalan.

Simak ini ya, ada 11 tips dari Psikolog Anak, Remaja, dan Keluarga, Jovita Maria Ferliana M.Psi untuk menghilangkan rasa kecewa karena tidak lulus SBMPTN.


Menurut Jovita saat seseorang menghadapi kekecewaan, ada dua langkah yang bisa diambil untuk mengatasinya, yaitu melalui tindakan dan emosi. Ia menilai kegagalan dan rasa cemas ketika tidak lulus seleksi atau ujian merupakan hal yang lumrah. Terlebih seleksi tersebut hanya ada di momen-momen tertentu.

"Itu hal yang wajar dan normal sekali. Semua perasaan seseorang yang berkaitan dengan gagal, marah akan sesuatu yang menjadi target dan tidak tercapai, itu lumrah," jelas Jovita kepada dikutip dari detikEdu, Minggu (26/6/2022).

Lebih lanjut, Jovita menjabarkan terkait dua langkah yang dapat diambil. Berikut penjelasannya.

A. Melalui Tindakan

1. Mengikuti Seleksi Jalur Mandiri

Ketika kalian gagal, jangan langsung patah semangat. Jalur masuk perguruan tinggi tidak hanya melalui SBMPTN, masih ada jalur lainnya seperti jalur mandiri. Solusi yang satu ini menjadi alternatif pertama ketika kalian gagal SBMPTN.

2. Gap Year

Gap year juga dapat menjadi solusi untuk mengatasi kekecewaan kalian yang dinyatakan gagal SBMPTN. Gap year berarti menunda kuliah selama setahun dan melakukan ragam persiapan untuk mengikuti ujian SBMPTN lagi di tahun berikutnya.

3. Mengambil Kursus dan Sertifikasi yang Sesuai Minat

Bagi kalian yang gagal dan memutuskan gap year, jangan sampai hanya menunggu dan tidak melakukan apa-apa. Rentang waktu gap year bisa diisi dengan mengikuti bermacam-macam kursus, sertifikasi, ataupun menekuni hobi.

4. Magang

Magang juga merupakan solusi yang dapat dilakukan jika kalian gagal SBMPTN. Dengan mengikuti magang, maka kalian akan memperoleh pengalaman yang nantinya berguna di dunia kerja dan perkuliahan.

5. Mendaftar Sekolah Kedinasan

Mendaftar sekolah kedinasan merupakan cara yang bisa dilakukan. Terlebih, lulusan dari sekolah kedinasan akan lebih cepat bekerja dan langsung disalurkan ke lembaga pemerintahan. Adapun contoh sekolah kedinasan seperti Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), Politeknik Kesehatan (Poltekkes), Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), dan masih banyak lagi.

Simak Tips Lainnya di Halaman Berikutnya:



Simak Video "Momen Kericuhan Polisi-Warga saat Eksekusi Kafe di Medan"
[Gambas:Video 20detik]