Cara Registrasi Ulang Maba Unimed Hasil SBMPTN 2022

Nizar Aldi - detikSumut
Jumat, 24 Jun 2022 08:00 WIB
Unimed (dok. Instagram Unimed)
Foto: Unimed (dok. Instagram Unimed)
Medan -

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengumumkan hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Pengumuman tersebut bisa dilihat melalui laman https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id.

Universitas Negeri Medan (Unimed) termasuk perguruan tinggi yang melakukan SBMPTN tersebut. Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM, M. Kes, mengatakan ada sebanyak 3.916 calon mahasiswa baru yang lulus jalur SBMPTN tahun 2022.

"Pendaftar yang dinyatakan lulus jalur SBMPTN di Unimed tahun ini berjumlah 3916 orang yang tersebar dalam 51 Program Studi S1," kata Syamsul dalam keterangannya, Jumat (24/6/2022).


Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa seluruh informasi dan tata cara registrasi mahasiswa baru akan dilakukan secara online. Bagi calon mahasiswa bisa mengakses laman bak.unimed.ac.id/registrasi.

"Seluruh informasi tata cara registrasi mahasiswa baru dan persyaratan apa saja yang harus dipersiapkan dapat dilihat di laman www.unimed.ac.id. Registrasi ulang akan dilakukan secara online melalui laman bak.unimed.ac.id/registrasi," jelasnya.

Berikut informasi seputar registrasi ulang bagi kamu yang lulus jalur SBMPTN di Unimed:

A. Persiapan Dokumen Registrasi Ulang

Bagi kamu yang ingin daftar ulang, harus menyiapkan dokumen berikut dalam bentuk softcopy dengan masing-masing ukuran filenya maksimal 100 kb bentuk jpg.

1. Kartu peserta dan/atau tanda bukti lulus jalur SBMPTN tahun 2022.
2. Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP K) yang telah disahkan oleh kepala sekolah (bagi calon penerima KIP Kuliah).
3. Kartu Keluarga.
4. Ijazah SMA/Sederajat (jika belum ada gunakan ijazah SMP/Sederajat).
5. Pasfoto warna ukuran 3X4.
6. Foto bagian depan rumah.
7. Daftar penghasilan kedua orang tua (bagi PNS/TNI/POLRI atau karyawan perusahaan/yayasan) ditandatangani oleh bagian keuangan.
8. Surat keterangan penghasilan yang disahkan lurah/kepala desa bagi yang orang tuanya bukan (bagi PNS/TNI/POLRI atau karyawan perusahaan/yayasan).
9. Bukti pembayaran PBB tahun 2021.
10. Bukti pembayaran pajak kendaraan bermotor 2021 yang dimiliki oleh nama-namanya tercantum dalam kartu keluarga calon mahasiswa.
11. Bukti pembayaran rekening listrik akhir bulan.
12. Bukti pembayaran rekening air (PAM) bulan terakhir.
13. Surat keterangan tidak mampu/miskin dari lurah/kepala desa tempat tinggal yang bersangkutan (bagi calon penerima KIP Kuliah).
14. Surat keterangan penghasilan kedua orang tua (format dapat didownload di laman http://bak.unimed.ac.id/registrasi.

B. Registrasi Ulang

Mahasiswa yang sudah lulus jalur SBMPTN di Unimed wajib melakukan registrasi secara online pada tanggal 27 Juni sampai 8 Juli 2022, dengan mengupload/mengisi data dan surat pernyataan mematuhi peraturan akademik dan tata tertib kampus di laman http://bak.unimed.ac.id/registrasi. Kemudian mencetak serta menempelkan materi 10.000 dan menandatanganinya.

C. Pembayaran Uang Kuliah

Besaran uang kuliah akan diumumkan pada tanggal 11 Juli 2022 dan pembayarannya dimulai pada tanggal 11 Juli sampai dengan 6 Agustus 2022.



Simak Video "Momen Kericuhan Polisi-Warga saat Eksekusi Kafe di Medan"
[Gambas:Video 20detik]
(afb/afb)