Tidak Hadir Paripurna DPRD Medan, Ini Alasan Wakil Rakyat

Nizar Aldi - detikSumut
Senin, 13 Jun 2022 23:38 WIB
Banyak kursi kosong di sidang paripurna lanjutan LPj APBD 2021.
Banyak kursi kosong di sidang paripurna lanjutan LPj APBD 2021. Foto: Nizar Aldi/detikSumut
Medan -

Sejumlah kursi di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Medan terlihat kosong saat sidang paripurna tentang Laporan Pertanggungjawaban (Lpj) pelaksanaan APBD tahun 2021 Pemerintah Kota Madya (Pemkot) Medan.

Padahal sidang yang dilaksanakan Senin (13/6/2022) tersebut merupakan agenda penyampaian tanggapan Wali Kota Medan Bobby Nasution terhadap pandangan umum fraksi yang disampaikan pekan lalu.

Sejumlah fraksi mengatakan alasan mereka tidak hadir dalam sidang paripurna DPRD Medan hari ini. Fraksi Nasional Demokrasi (Nasdem) mengatakan bahwa mereka tidak bisa datang bukan sengaja, namun ada agenda Bimbingan Teknis (Bimtek) dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Nasdem.


"Kita sedang persiapan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan ada Bimtek partai dengan DPP, kebetulan tanggal nya bersamaan," kata Afif Abdillah mewakili Fraksi Nasdem kepada detikSumut, Senin (13/6/2022).

Selain itu, Fraksi PDIP diwakili Roby Barus juga mengatakan, alasan kenapa tidak hadir disebabkan harus mengikuti agenda dari DPP PDIP di Jakarta. Dia beralasan bahwa penerbangan penuh sehingga mereka berangkat pagi ini.

"Kami ada Bimtek dari DPP di Jakarta, tau lah kan. Apalagi pesawat penuh ini, makanya kami berangkat pagi," jelasnya.

Kegiatan Bimtek tersebut kata Roby, akan dilaksanakan mulai dari hari Senin sampai Kamis ini. Ketua DPRD Medan yang kebetulan dari PDIP, kata Roby akan menyusul malam.

"Dari Senin sampai Kamis Bimteknya, kalau Pak ketua malam dia nyusul," ucapnya.

Surianto dari Fraksi Gerindra, mengatakan dirinya saat ini sedang sakit sehingga tidak bisa berhadir dalam sidang paripurna hari ini.

"Aku sakit (sambil mengirimkan foto dirinya sedang diinfus)," tulisnya.

Sedangkan yang lain, dia menyebutkan sedang mengikuti Pendidikan dan Latihan (Diklat) di Hambalang. "Diklat di Hambalang," sebutnya.

Syaiful Ramadhan Ketua Fraksi PKS sendiri mengatakan, tidak bisa hadir karena ada rapat partai PKS. Kendati demikian, dia dan yang lain sudah sempat hadir duluan dan mengisi absensi.

"Ada rapat partai, saya dan Pak Latif sdh hadir duluan dan absensi tadi," balasnya.

Sebelumnya diberitakan, sidang paripurna tentang Lpj pelaksanaan APBD tahun 2021 dengan agenda penyampaian tanggapan Wali Kota Medan Bobby Nasution terhadap pandangan umum fraksi yang disampaikan pekan lalu.

Saat Bobby Nasution menyampaikan tanggapan terkait pandangan fraksi, banyak kursi anggota dewan yang kosong. Dari 50 anggota DPRD Medan, yang berhadir hanya berjumlah 12 anggota, termasuk pimpinan. Bahkan salah satu pimpinan DPRD, di awal tidak hadir.

Di pertengahan, anggota DPRD Medan yang lain, sebanyak lima orang secara bergantian memasuki ruang paripurna. Hingga sidang paripurna di skor, total anggota DPRD Medan yang hadir hanya 17 orang dari 50.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPRD Medan Hasyim mengatakan, bahwa kekosongan kursi tersebut diakibatkan adanya agenda beberapa anggota di partai masing-masing. Sehingga di mengatakan ada yang izin sebagian.

"Yang tidak hadir itu, bukan tidak hadir, ada yang izin, kebetulan ada beberapa fraksi yang ngaku nya ada agenda dari partai," ujar Hasyim.



Simak Video "Pengamat Soal Peluang Bobby Nasution Pimpin Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(bpa/bpa)