Ijeck: Semua yang Berangkat Haji atas Izin dan Kehendak Allah

Tim detikSumut - detikSumut
Kamis, 02 Jun 2022 06:27 WIB
Musa Rajekshah hadiri Halalbihalal dan Tepung Tawar Calhaj Binjai, Rabu (1/6/2022).(DISKOMINFO SUMUT)
Foto: Musa Rajekshah hadiri Halalbihalal dan Tepung Tawar Calhaj Binjai, Rabu (1/6/2022).(DISKOMINFO SUMUT)
Binjai -

Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) mengajak Calon Haji (Calhaj) bersyukur atas dibukanya kembali ibadah haji setelah dua tahun ditutup akibat Pandemi Covid 19. Hal itu diungkapkan lelaki yang akrab disapa Ijeck tersebut kepada puluhan Calhaj asal Binjai.

Ijeck mengungkapkan bahwa saat ini keberangkatan haji dilakukan dengan berbagai aturan dan batasan. Salah satunya usia yang menjadi patokan memberangkatkan Calhaj. Untuk itu setia Calhaj yang berangkat harus lebih bersyukur. Karena tidak semua umat dapat menjalankan ibadah tersebut.

"Banyak orang yang punya kemampuan secara ekonomi, kemampuan secara fisik, dan punya kemampuan keduanya namun belum tentu bisa berangkat. Artinya semua yang bisa berangkat adalah atas izin, kehendak Allah," terangnya di Binjai, Rabu (1/6/2022).


Menurut ketua Golkar Sumut tersebut, Allah yang menggerakkan semua yang bisa berangkat. Karena itu, dia berdoa agar seluruh Calhaj yang berangkat bisa menjadi haji mabrur, haji yang maqbul atau diterima dan diberi balasan berupa kebaikan atau pahala.

Ijeck juga meminta semua Calhaj untuk mendoakan Sumut. Agar menjadi daerah yang diberkahi Allah SWT. Sementara itu, Wali kota Binjai Amir Hamzah berharap seluruh Calhaj bisa berangkat dan pulang dengan selamat dan sehat begitu juga saat menjalankan seluruh ibadah di Mekah.

"Saya dengar di Mekah suhunya hampir 48 derajat, untuk itu jaga kesehatan, banyak minum air putih, batasi pergerakan dan doakan kami yang belum berangkat bisa melaksanakan ibadah haji," ujar Amir Hamzah.



Simak Video "Gegara Viral 'Salam dari Binjai', Puluhan Pohon Pisang di Lamongan Rusak!"
[Gambas:Video 20detik]
(bpa/bpa)