Kemenkumham Sumsel Lantik Anggota 3 Majelis Pengawas Daerah Notaris

Erika Dyah Fitriani - detikSumut
Selasa, 10 Mei 2022 21:35 WIB
Pelantikan Notaris
Foto: dok. Kemenkumham Sumsel
Jakarta -

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel Harun Sulianto melantik anggota di tiga Majelis Pengawas Daerah Notaris (MPDN), mulai dari MPDN Kota Palembang, MPDN Kabupaten Banyuasin dan Kabupaten Musi Banyuasin, serta MPDN Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Ogan Komering Ilir, dan Kota Prabumulih.

Ia berharap notaris mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sebab menurutnya, notaris sebagai pengemban profesi hukum di bidang kenotariatan memiliki peran strategis di era bisnis sekarang ini.

Untuk itu, Harun mengingatkan notaris harus selalu berpedoman pada Undang-undang Jabatan Notaris maupun Kode Etik Notaris dalam menjalankan jabatannya.


"Untuk itulah perlu pembinaan dan pengawasan dari Majelis Pengawas Notaris Daerah," kata Harun dalam keterangan tertulis, Selasa (10/5/2022).

Ia menambahkan notaris sebagai pihak yang berperan membuat Akta Pendirian Korporasi juga memiliki tugas untuk menerapkan prinsip mengenali pengguna jasa (PMPJ) dan pemilik manfaat. Salah satunya dengan mengisi kolom pemilik manfaat dalam suatu korporasi pada website www.ahu.go.id.

Adapun penerapan Prinsip Mengenali Pemilik Manfaat dari Korporasi dan PMPJ ini dilakukan dalam rangka pencegahan dan pemberantasan tindak pidana pencucian uang (TPPU) dan tindak pidana pendanaan terorisme.

Harun berharap para anggota MPDN yang telah dilantik nantinya dapat bekerja secara profesional dengan menjunjung tinggi supremasi hukum dan HAM. Hal ini diharapkan guna mewujudkan kepastian hukum yang berkeadilan di dalam melakukan pembinaan dan pengawasan kepada notaris.

Sebagai informasi, dalam kesempatan ini Harun turut melantik dan mengambil sumpah Notaris di Palembang, Lius Eka Brahma Saputra sebagai anggota Majelis Kehormatan Notaris Wilayah (MKNW) Sumsel pengganti antar waktu MKNW Periode 2019-2022. Lius Eka Brahma Saputra menggantikan Ahmad Syarifudin (notaris Palembang yang telah memasuki masa purna bakti).

Adapun sembilan orang anggota MPDN Kota Palembang yang dilantik dari unsur pemerintah antara lain Yenni, Riyan Citra Utami, dan Budiman Santoso (Kanwil Kemenkumham Sumsel). Dari unsur akademisi antara lain Marsudi Utoyo (Stihpada Palembang), Sri Turatmiyah (UNSRI), Rizayusmanda (Universitas Palembang). Sedangkan dari unsur Notaris adalah Samudi, Agus Trisaka, Dian Saraswati (Notaris Palembang).

Sementara itu, 9 orang anggota MPDN Kabupaten Banyuasin dan Musi Banyuasin dari unsur pemerintah terdiri dari Zainul Arifin, Yulkhaidir, Vonny Destika (Kanwil Kemenkumham Sumsel). Dari unsur akademisi Mursal (UNSRI), Windi Arista (Stihpada Palembang), dan M. Tohir (Univ. Tamsis). Sedangkan dari unsur notaris adalah Dody Astaman, Marieni, dan Syarifudin Burhan (Notaris Banyuasin).

Harun mengungkap saat ini jumlah notaris di Provinsi Sumatera Selatan berjumlah 476 (empat ratus tujuh puluh enam) orang yang tersebar di 17 (tujuh belas) Kab/Kota yang ada di Provinsi Sumatera Selatan.

Kegiatan pelantikan ini turut dihadiri oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Parsaoran Simaibang, Kadiv Pemasyarakatan Bambang Haryanto, Kadiv Administrasi Idris, Kadiv Keimigrasian Herdaus, Kabid Pelayanan Hukum Yenni, Perwakilan Pengurus Wilayah Ikatan Notaris Indonesia (INI) Prov. Sumsel, Ketua Pengurus Daerah INI Palembang Andre Max Eman, Haris Dinzaki yang mewakili Polda Sumsel, serta para Kepala UPT di Palembang.



Simak Video "Terdakwa Kasus Lahan DKI Ungkap Ada Notaris Pakai DP Buat Beli Barang Mewah"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)