Riau

Ribuan Warga Ikuti 'Riau Mengaji' di Trotoar Pekanbaru

Raja Adil Siregar - detikSumut
Minggu, 17 Apr 2022 10:38 WIB
Ratusan warga mengaji di trotoar Pekanbaru
Foto: Ribuan warga mengaji di trotoar Pekanbaru (Raja Adil Siregar/detikSumut)
Pekanbaru -

Ribuan warga di Kota Pekanbaru, Riau, menggelar agenda mengaji bersama. Bukan di masjid, mengaji digelar di trotoar Tugu Pahlawan tepat di depan rumah dinas Gubernur Riau Syamsuar.

Pantauan detikSumut, masyarakat sudah memenuhi trotoar di Jalan Diponegoro sejak pukul 06.00 WIB. Mereka datang dari berbagai kelompok pengajian dan anak-anak komunitas penghafal Al-Qur'an.

Warga yang tergabung dalam acara Riau Mengaji itu datang untuk membaca Al-Qur'an dan mendengar tausiah. Sejumlah tokoh ikut hadir, salah satunya Anggota DPR RI asal Riau, Achmad.


Inisiator sekaligus Ketua Riau Mengaji, dr Diana Tabrani mengatakan mengaji bersama digelar tak ubahnya seperti yang sudah dilakukan di Yogyakarta.

"Insiprasi ini datang dari kegiatan Jogja Mengaji beberapa waktu lalu. Kita lihat positif dan kita buat Riau Mengaji," kata Diana di lokasi, Minggu (17/4/2022).

Ratusan warga mengaji di trotoar PekanbaruRatusan warga mengaji di trotoar Pekanbaru Foto: Ratusan warga mengaji di trotoar Pekanbaru (Raja Adil Siregar/detikSumut)

Diana menyebut Riau identik dengan islam. Untuk itu, kegiatan Riau Mengaji juga harus ditanamkan di Bumi Melayu.

"Kita tahu Melayu ini identik dengan Islam, kita ingin membumikan Al-Quran di tanah Melayu. Harapannya ini dapat diamalkan oleh semua usia, tua, muda, bapak-bapak atau ibu-ibu semua," katanya.

Diana juga menjawab pro dan kontra mengaji di trotoar. Dia menilai karena mengaji masih belum jadi budaya dan masih menilai mengaji hanya di rumah dan masjid.

"Jalan Diponegoro ini jalan favorit di Kota Pekanbaru, semua melalui jalan besar ini. Kita musti membudayakan. Baca Al-Qur'an tidak hanya di rumah, masjid saja, di jalan bisa, di bus, di halte dan kantor. Karena ini belum jadi budaya ya biasa jadi pro kontra," kata Diana.

Tak hanya selesai di trotoar depan rumah dinas gubernur. Riau Mengaji rencananya akan terus dilaksanakan ke depan, salah satunya dengan kegiatan rutin di sejumlah lokasi di Riau.



Simak Video "Warga di Pekanbaru Cekcok Gegara Gangguan Suara Toa Masjid"
[Gambas:Video 20detik]
(ras/afb)