Dipecat Gegara Kritik Walkot, Dokter di Banda Aceh Bakal Tempuh Jalur Hukum

Aceh

Dipecat Gegara Kritik Walkot, Dokter di Banda Aceh Bakal Tempuh Jalur Hukum

Agus Setyadi - detikSumut
Selasa, 12 Apr 2022 17:39 WIB
Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman
Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman. (Foto: Pemkot Banda Aceh)
Banda Aceh -

Seorang dokter di Rumah Sakit Meuraxa, Banda Aceh, BA dipecat gegara menyindir Wali Kota Aminullah Usman. BA akan menempuh jalur hukum terkait pemecatan tersebut.

"Pemberhentian dr BA adalah salah satu bentuk pembungkaman terhadap kebebasan berekspresi dan berpendapat yang dilindungi oleh konstitusi dan hak asasi manusia," kata Kepala Operasional YLBHI-LBH Banda Aceh Muhammad Qodrat Husni Putra kepada wartawan, Selasa (12/4/2022).

Qodrat mengatakan, YLBHI-LBH Banda Aceh telah resmi menjadi kuasa hukum dokter BA. Dia menilai, pemecatan BA menunjukkan sikap Direktur RSU Meuraxa dan Aminullah yang arogan serta anti kritik.


"Terhadap persoalan ini, YLBHI-LBH Banda Aceh akan menempuh segala upaya hukum yang tersedia. Termasuk menggugat Direktur RSUD Meuraxa dan Wali Kota Banda Aceh ke pengadilan," jelas Qodrat.

Dia menjelaskan, kasus itu bermula saat BA mengkritik Aminullah lewat fitur Instagram Story miliknya. Kritikan itu dilontarkan karena insentifnya sebagai tenaga kesehatan yang menangani COVID-19 belum dibayar.

Pasca-postingan itu beredar, pihak rumah sakit memecat BA. Pemecatan itu tertuang dalam Surat Keputusan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Nomor: 820/992/2022 tanggal 5 April 2022.

"Dari hasil wawancara kami dengan dr BA diketahui yang belum dibayarkan insentif bukan dia saja. Banyak rekan-rekannya juga belum dibayarkan tapi mereka takut bersuara karena khawatir bernasib seperti BA," ujar Qodrat.

Sebelumnya, dilihat detikSumut, Jumat (8/4/2022), BA mengunggah foto Aminullah yang sedang tertawa di fitur Instagram Story miliknya. Dia juga menambahkan keterangan di bawah foto tersebut.

"Lepas kali senyumnya ahh... Ga ada beban pikiran Udah setahun lebih hak orang gak diberikan, tapi ga ada malunya Upss... statement saya salah ya? Undang pertemuan terbuka lah yuk... ajak media sama dprk juga, biar saling meluruskan bareng," tulisnya dalam unggahan itu.

Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Banda Aceh Said Fauzan mengatakan, pemecatan dokter kontrak itu oleh pihak rumah sakit sudah sesuai aturan.

(agse/dpw)