Ratusan Mahasiswa di Asahan Mulai Menggelar Demo

Perdana Ramadhan - detikSumut
Senin, 11 Apr 2022 10:37 WIB
Mahasiswa melakukan longmarch dengan berjalan kaki ke kantor DPRD Asahan.
Mahasiswa melakukan longmarch dengan berjalan kaki ke kantor DPRD Asahan. Foto: Perdana Ramadhan / detikcom
Asahan -

Kelompok mahasiswa yang tergabung dalamCipayung Plus di Asahan, Sumatera Utara (Sumut) pagi ini mulai menggelar aksi unjuk rasa.

Pantauan wartawan, Senin (11/4/2022) pukul 10:00 WIB masa di lokasi berjumlah sekitar 200 orang mahasiswa dan telah berkumpul di tugu Garuda, di Universitas Asahan.

Mereka, berjalan kaki menuju kantor DPRD Asahan membawa beraneka ragam poster maupun spanduk dan diiringi satu uni mobil berisi pengeras suara.


Puluhan personel Kepolisian dari Polres Asahan diturunkan untuk mengamankan aksi tersebut. Tampak juga Kapolres Asahan AKBP Putu Yudha Prawira dan Dandim 0208/Asahan, Letkol Inf Frangki Susanto ikut mengawal jalannya aksi.

"Kami dari dari Cipayung Plus di Asahan sebagai bentuk respon mahasiswa menjawab kegelisahan masyarakat hari ini," kata ketua Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Asahan, Yogi Ginting kepada wartawan.

Menurut mahasiswa dalam aksi tersebut ada lima poin tuntutan yang rencananya akan disampaikan ke DPRD Asahan sebagai lokasi penyampaian aspirasi.

Diantaranya penolakan rencana penundaan Pemilu atau masa jabatan tiga periode, copot Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan serta turunkan harga bahan bakar minyak (BBM) Sera sembako.

Sekedar untuk diketahui, organisasi yang turun kejalan meliputi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Gerakan Mahasiswa Nasionalis Indonesia (GMNI), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), dan Himpunan Mahasiswa Alwashliyah (HIMMAH).



Simak Video "Respons Setneg Soal Mahasiswa Ancam Demo Isu Penundaan Pemilu"
[Gambas:Video 20detik]
(bpa/bpa)