Wisata Maluku Utara

Danau Tolire: Legenda Asal Usul dan Kisah Misterinya

Al Khoriah Etiek Nugraha - detikSulsel
Jumat, 05 Agu 2022 14:11 WIB
Danau di Maluku Utara
Danau Tolire di Maluku Utara (Foto: mrs.kingdom17/d'Traveler)
Ternate -

Danau Tolire adalah salah satu objek wisata maluku utara tepatnya kota Ternate. Selain memiliki keindahan alam, danau ini juga populer dengan cerita mistisnya.

Salah satu cerita mistis dari Danau Tolire adalah siluman buaya yang memiliki ikatan merah. Selain cerita mistis, danau ini juga memiliki legenda asal usul yang pilu.

Danau Tolire terbagi atas dua yakni danau besar dan danau kecil. Danau ini dikelilingi oleh tebing curam setinggi 60-80 meter.


Melansir Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Danau Tolire memiliki luas daerah tangkapan air (DTA) mencapai 244,2 hektare. Danau ini memiliki iklim basah.

Karakteristik danau ini tidak ramah untuk biota ikan karena faktor kandungan sulfida yang tinggi dan lingkungan yang terisolasi.

Misteri Danau Tolire

Danau Tolire populer dengan sejumlah kisah misteri. Khususnya tentang adanya siluman buaya yang mendiami danau ini.

Danau yang terletak sekitar 10 km dari pusat kota Ternate ini memiliki iklim basah yang menjadi habitat buaya. Meski begitu, masyarakat setempat percaya bahwa ada buaya jadi-jadian yang menempati danau tersebut.

Melansir Repository Kemdikbud berjudul Sastra Lisan Ternate: Analisis Struktur dan Nilai Budaya disebutkan bahwa terdapat kepercayaan rakyat Maluku Utara terdapat seekor buaya yang panjangnya kira-kira 5 meter yang mendiami Danau Tolire. Buaya ini memiliki ikatan merah pada lehernya dan dipercaya dapat berkomunikasi dengan manusia.

Wisatawan Danau Tolire yang hendak melihat buaya tersebut akan didampingi pawang buaya. Pawang itu akan memanggil buaya dengan cara memberikan telur dan ikan.

Jika wisatawan dapat melihat ada buaya dengan ikatan merah di lehernya, itu berarti akan dapat berbicara dengan buaya itu. Bagaimana caranya? Hanya pawang itu yang tahu.

Selain itu juga terdapat keyakinan masyarakat setempat Danau Tolire didiami buaya putih yang panjangnya sekitar 10 meter dengan jumlah ratusan dan makhluk halus lainnya. Buaya putih ini diyakini sebagai penjaga Danau Tolire dan sering menampakkan wujudnya bagi masyarakat setempat dan pengunjung tertentu.

Namun, tidak semua orang dapat melihatnya, karena menurut cerita masyarakat setempat buaya putih hanya menampakkan wujudnya bagi orang tertentu yang memiliki hati yang bersih dan tidak memiliki niat jahat.

Berdasarkan kepercayaan tersebut pengunjung Danau Tolire harus mematuhi beberapa larangan. Antara lain dilarang untuk mandi, berendam, berenang, ataupun memancing, karena masyarakat setempat meyakini bahwa siapapun yang mencoba beraktivitas atau mengganggu danau ini akan menjadi mangsa buaya putih.

Selanjutnya legenda asal usul Danau Tolire...