Suporter PSM The Macz Man soal Tragedi Kanjuruhan: Harus Disikapi Dewasa

Suporter PSM The Macz Man soal Tragedi Kanjuruhan: Harus Disikapi Dewasa

Ibnu Munsir - detikSulsel
Minggu, 02 Okt 2022 21:10 WIB
Suporter Arema FC memasuki lapangan setelah tim yang didukungnya kalah dari Persebaya dalam pertandingan sepak bola BRI Liga 1 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022). ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/tom.
Foto: Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang. (ANTARA FOTO/ARI BOWO SUCIPTO)
Makassar -

Kelompok suporter PSM Makassar The Macz Man menyampaikan duka atas tragedi Kanjuruhan yang menelan korban jiwa. Insiden ini disebut harus disikapi secara dewasa antarsuporter.

"Tetap mempertahankan sikap dewasa dalam dunia suporter dan menjaga persaudaraan antar seluruh suporter di Indonesia," papar Menteri Luar Negeri The Macz Man, Daus saat dikonfirmasi, Minggu (2/10/2022).

Menurut Daus, fanatisme suporter dalam sepak bola merupakan hal yang wajar. Namun kecintaan terhadap tim kebanggaan jangan sampai merugikan.


"Sekali lagi tak ada sepakbola yang seharga dengan nyawa manusia," tegasnya.

Tragedi Kanjuruhan meninggalkan kesan luka yang mendalam. Apalagi peristiwa ini menimbulkan korban tewas yang tidak sedikit.

"Dan kami dari The Macz Man ikut turut berduka untuk saudara-saudara kami di Malang, Alfatihah," ucap Daus.

Kerugian tidak hanya dialami antara dua tim yang bertanding. Kerusuhan ini berdampak besar pada kompetisi tertinggi Indonesia, yakni Liga 1 secara keseluruhan .

"Menurut saya itu suatu kerugian yang harus dialami PT Liga, klub, suporter dan lainnya, karena pada dasarnya segala sesuatunya yang sudah direncanakan dengan matang, akhirnya buyar," imbuhnya.

Pihaknya berharap kejadian ini bisa diusut tuntas. Harapannya peristiwa yang telah mencoreng dunia persepakbolaan Indonesia ini tidak terjadi lagi.

"Terlepas dari itu, kita tetap harus menghargai langkah tersebut. Dimana untuk sama-sama merasakan respek turut berduka dan juga untuk PT. Liga mempelajari, mengusut kejadian yang terjadi semalam di Stadion Kanjuruhan Malang," pungkasnya.

Diketahui, insiden ini bermulai saat suporter Aremania tidak menerima kekalahan timnya saat menjamu Persebaya dengan skor 2-3 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10). Setelah laga, suporter Arema FC masuk ke lapangan berbuat onar.



Simak Video "2 Jenazah Korban Kanjuruhan Bakal Diautopsi Pekan Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(sar/tau)