CEO PSM Makassar Ungkap Kerugian Buntut Laga Lawan Barito Putera Ditunda

Tragedi Kanjuruhan

CEO PSM Makassar Ungkap Kerugian Buntut Laga Lawan Barito Putera Ditunda

Alfiandis - detikSulsel
Minggu, 02 Okt 2022 20:20 WIB
CEO PSM Makassar, Sadikin Aksa (tengah) merespons tragedi Kanjuruhan.
Foto: CEO PSM Makassar, Sadikin Aksa (tengah) merespons tragedi Kanjuruhan. (Alfiandis/detikSulsel)
Makassar -

Laga Barito Putera melawan PSM Makassar ditunda PT Liga Indonesia Baru (LIB) setelah insiden kerusuhan suporter di Stadion Kanjuruhan Malang. CEO PSM Sadikin Aksa mengungkapkan kerugian yang dialami akibat penundaan laga tersebut.

Pertandingan Barito Putera melawan tim tamu PSM Makassar dijadwalkan berlangsung di Stadion Demang Lehman, Martapura Senin (3/10/2022). Tidak hanya PSM dan Barito, penundaan ini juga dialami tim lain yang tengah berkompetisi di Liga 1 yang memasuki laga pekan ke-11.

"Kalau ditanya rugi, pasti rugi tapi mau diapa lagi, kita sudah keluarkan uang ke sana, bayar hotel, bayar pesawat tapi nggak ada pertandingan dan nanti akan diulang," tutur Sadikin Aksa di hadapan awak media, Minggu (2/10).


Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) bersama PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku penyelenggara pertandingan, memutuskan untuk menghentikan kompetisi selama sepekan. Kebijakan ini diambil menindaklanjuti kerusuhan tragedi Kanjuruhan yang menelan korban jiwa.

Namun Sadikin mengatakan, kerugian akibat penundaan pertandingan merupakan hal biasa dalam industri sepak bola. Sehingga penting bagi manajemen berusaha untuk memperkecil dampak dari risiko yang muncul.

"Tapi inilah yang saya bilang risikonya industri olahraga, salah satu risiko daripada bisnis sepak bola. Ini yang harus kita nanti perbaiki mitigasi bisnis," jelasnya.

Namun Sadikin belum mengetahui kapan penjadwalan ulang laga tunda Barito kontra PSM usai penundaan Liga 1. Pihaknya menunggu petunjuk PSSI, termasuk PT LIB.

Pasalnya Pasukan Ramang sudah terlanjur tiba di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Pemain PSM Makassar dipertimbangkan untuk kembali tiba di Makassar.

"Jadi kita lagi minta apakah pesawatnya bisa dipindahkan apa nggak kalau memang bisa dipindahkan malam ini, pemain malam ini pulang," pungkasnya.



Simak Video "Suporter PSM Makassar Gelar Aksi Bakar Lilin untuk Tragedi Kanjuruhan"
[Gambas:Video 20detik]
(tau/sar)