PSM Makassar

Protes Pelatih PSM dan Ancaman PSSI Hukum Wasit yang Buruk Pimpin Laga Liga 1

Tim detikSulsel - detikSulsel
Rabu, 17 Agu 2022 07:16 WIB
Pesepak bola Persib Bandung melakukan protes kepada wasit saat berlaga melawan PSIS Semarang pada pertandingan BRI Liga 1 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (13/8/2022). Pertandingan tersebut dimenangkan oleh Persib Bandung dengan skor 2-1. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/aww.
Foto: ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI
Makassar -

Federasi Sepak Bola Indonesia (PSSI) merespons keluhan banyak klub terkait kualitas wasit di Liga 1. Protes keras, salah satunya datang dari PSM Makassar.

Ketua Komite Wasit Ahmad Riyadh mengatakan, telah menyiapkan hukuman berat kepada wasit yang buruk memimpin laga Liga 1. Ancaman sanksinya adalah degradasi ke kompetisi bawahnya hingga diberhentikan.

"(Wasitnya) kita degradasi ke Liga 2. Kecuali yang karena suap atau pengaturan skor langsung berhenti permanen," tegas Ahmad Riyadh dikonfirmasi detikSulsel, Selasa (16/8/2022).


Hingga memasuki pekan kelima Liga 1 2022/2023, PSSI telah mengistirahatkan 12 wasit akibat keputusan kontroversial. Rinciannya 5 wasit, 3 asisten wasit, dan 4 Additional Assistant Referee (AAR).

Mereka diistirahatkan sebagai bentuk hukuman atas keputusan mereka yang merugikan tim tertentu. Selain itu, PSSI juga mau memberi kesempatan para wasit untuk mengevaluasi diri sebelum ditugaskan kembali.

"PSSI terus berkomitmen untuk membenahi wasit, baik itu wasit di Liga 1, 2, dan 3. Kami juga terus melakukan evaluasi dan pengawasan selama mereka memimpin," jelasnya.

Riyadh berharap ke depan semua wasit yang bertugas bisa menjalankan tugas dengan baik sekaligus meminimalisasi kesalahan dalam mengambil keputusan di lapangan. Hanya saja tak disebutkan wasit mana saja yang dihukum atau keputusan kontroversi apa yang membuat hukuman dijatuhkan.

"Kita sedang mempertimbangkan mengumumkan nama (wasitnya) dan kesalahannya," bebernya.

Adapun Liga 1 2022/2023 memang diwarnai keputusan-keputusan kontoversial. Salah satu tim yang dirugikan adalah PSM Makassar.

PSM menjadi korban kesalahan keputusan wasit pada pekan ke-3 Liga 1 saat menjamu Persija Jakarta pada 5 Agustus lalu. Laga ini berakhir imbang 1-1 lewat gol-gol yang dicetak Kenzo Nambu (75') buat PSM dan Hanno Behrens untuk Persija (78').

Dalam berbagai kesempatan, PSM dirugikan oleh kepemimpinan wasit Iwan Sukoco. PSM dirugikan karena keputusan offside hingga pelanggaran keras Syahrian Abimanyu kepada M Arfan yang tidak berbuah kartu.

Saat itu, PSM mendapat momentum bagus untuk mencetak gol. Everton Nascimento dan Wiljan Pluim berkali-kali mengancam gawang Persija lewat peluang-peluang emas yang mereka dapatkan.

Simak Pelatih PSM Bernardo Tavares Desak Liga 1 Gunakan VAR di halaman selanjutnya.