PSM Makassar

PSM Waspadai Permainan Arema FC di 15 Menit Akhir Pertandingan

Ibnu Munsir - detikSulsel
Selasa, 16 Agu 2022 17:13 WIB
Rans Nusantara FC 1-2 PSM Makassar di Liga 1
Kapten PSM Makassar Wiljan Pluim Foto: Dok. PSM Makassar/Adhiaksa Mursalim
Makassar -

PSM Makassar akan menjamu tamunya Arema FC di pekan kelima BRI Liga 1 musim 2022/2023. Juku Eja di ingatkan agar mengantisipasi permainan Arema FC di 15 menit penghujung laga, melihat beberapa gol yang diciptakan di akhir babak kedua.

PSM Makassar dijadwalkan akan menghadapi Arema FC di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, Sabtu (20/8) mendatang. Kick-off dimulai pukul 17.00 Wita.

"Saya melihat Arema memang di pertandingan itu selalu menang di 15 menit akhir, dia selalu buat gol. Ini harus diwaspadai ketika menghadapi Arema," kata Pengamat Sepak Bola Budiardjo Thalib kepada detikSulsel, Selasa (16/8/2022).


Mantan Pelatih Persik Kediri tersebut menilai, anak asuh Eduardo Almeida lebih berbahaya di akhir babak kedua, bercermin di laga terakhir melawan Bali United, Sabtu (13/8) lalu. Arema FC berhasil meraih kemenangan 1-2 di markas Bali United usai mencetak gol penentu di menit 85'.

Kemudian, saat melawan PSIS Semarang, Arema FC juga mampu mencetak 2 gol di menit akhir melalui Ilham Udin Armaiyn di menit 80' dan Sergio Silva di menit 90' atau injury time.

Melihat situasi tersebut, Pasukan Ramang diingatkan lebih mewaspadai pergerakan Evan Dimas dkk di setiap lininya. Pasalnya, skuad Singo Edan cukup merata di setiap lini.

"Semua sisi harus fokus di 15 menit akhir, semuanya tanpa terkecuali. Karena Arema selalu membuat gol di menit itu," jelasnya.

Kendati demikian, Budi percaya dengan kemampuan pelatih Bernardo Tavares membaca pola permainan lawan yang akan dihadapi. Sehingga, ia yakin pelatih akan lebih paham terkait pemain yang akan di turunkan nanti.

"Melawan Arema tergantung Bernardo Tavares dia mau mainkan siapa, yang jelas saya pikir pemain-pemain Arema tipikal juga berbeda. Ini yang harus di waspadai pemain-pemain Arema di injury time," paparnya.

"Harus di waspadai itu siapapun nanti di pasang. Teknis Bernardo Tavares lebih tahu," tutupnya.

Sementara itu, Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares melontarkan protes akan kinerja wasit Indonesia dalam memimpin laga. Seperti di laga terakhir melawan Rans FC, dirinya merasa PSM kerap mendapat perlakuan berbeda dari pengadil lapangan.

Kondisi tersebut membuat pelatih berkebangsaan Portugal ini, meminta agar wasit yang memimpin laga PSM Makassar vs Arema FC nanti, mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Sehingga dalam mengambil keputusan tidak merugikan Juku Eja.

"Saya meminta agar memang memberikan wasit yang Fair pada pertandingan itu tidak membantu PSM tidak membantu Arema hanya melakukan tugasnya dengan fair dan memimpin pertandingan dengan sebaik-baiknya," kata Bernardo, Senin (15/8).

Lebih lanjut Bernardo meminta agar pertandingan nanti hanya melawan Arema Malang. Tak ada lawan Juku Eja selain Singo Edan.

"Namun untuk pertandingan selanjutnya saya cuman mau wasit yang fair tidak membantu kita. Kita harus merasakan bahwa kita hanya melawan Arema, kita tidak melawan hal-hal lain yang ada di pertandingan nantinya," paparnya.

"Jadi tolong diberikan wasit yang memang memimpin dengan sebaik-baiknya untuk pertandingan selanjutnya," kuncinya.



Simak Video "Bentrok Sesama Suporter PSM Makassar di Parepare"
[Gambas:Video 20detik]
(afs/ata)