Sejarah Nasu Palekko, Olahan Bebek Asal Sidrap yang Dikenalkan di Pinrang

Sejarah Nasu Palekko, Olahan Bebek Asal Sidrap yang Dikenalkan di Pinrang

Urwatul Wutsqaa - detikSulsel
Minggu, 25 Sep 2022 18:16 WIB
Nasu Palekko atau Bebek Palekko khas Ajatappareng
Palekko (Foto: Hasrul Nawir)
Makassar -

Nasu Palekko merupakan olahan daging itik atau bebek yang menjadi salah satu kuliner khas Sulawesi Selatan (Sulsel). Masakan yang disebut berasal dari Kabupaten Sidrap, namun dipopulerkan di Pinrang.

Asal usul makanan nasu palekko masih jadi perdebatan. Penamaan nama nasu palekko juga ada memunculkan dua versi dengan interpretasi berbeda.

Budayawan Bugis-Makassar dari Universitas Hasanuddin (Unhas) Dr. Firman Saleh menjelaskan, salah satu versi menyebutkan nasu palekko berasal dari kata 'likku' atau lengkuas yang merupakan salah satu rempah yang digunakan untuk membuat nasu palekko.


"Palekko itu berasal dari kata 'likku' (artinya) itu lengkuas, nasu artinya masakan. Kalau dilihat dari kosa kata nasu palekko itu, ya itu tadi, masakan yang terdiri dari ada lengkuasnya," kata Firman kepada detikSulsel saat dihubungi, Minggu (25/9/2022).

Sementara itu, ada versi lain yang menyebutkan bahwa dinamai palekko karena menu ini dibuat di wajan yang dalam bahasa Bugis disebut 'panguttu'. Sementara kata 'lekko' dalam bahasa Bugis memiliki arti 'dipatahkan'.

"Ada juga persepsi begini, palekko itu dinamakan palekko karena dibuat di wajan. Wajan itu dalam bahasa Bugis disebut 'panguttu', 'pa' nya itu 'panguttu', 'lekko' itu artinya dipatahkan. Makanya, kalau nasu palekko itu potongannya kecil-kecil. Jadi, masakan bebek yang dipotong kecil-kecil dan dimasak di wajan atau 'panguttu'," jelasnya.

Firman menjelaskan, kuliner ini merupakan makanan khas yang berasal dari Kabupaten Sidrap, namun beberapa sumber menyebutnya berasal dari Kabupaten Pinrang. Perdebatan mengenai asal usul palekko ini masih menjadi perbincangan di kalangan masyarakat.

Simak halaman selanjutnya, perdebatan mengenai asal usul palekko...



Simak Video "Kelezatan Nasu Palekko Asam Pedas di Parepare"
[Gambas:Video 20detik]