Suami di Sulut Tersangka Tewasnya Istri di Kamar Mandi Tidak Ditahan Polisi

Sulawesi Utara

Suami di Sulut Tersangka Tewasnya Istri di Kamar Mandi Tidak Ditahan Polisi

Trisno Mais - detikSulsel
Selasa, 04 Okt 2022 13:13 WIB
Eben Ratela saat diwawancarai di rumah.
Foto: Shirley korban penganiayaan saat diwawancarai di rumah. (Trisno Mais/detikcom)
Minahasa Utara -

Pria inisial FT (60) di Minahasa Utara (Minut), Sulawesi Utara (Sulut) yang ditetapkan sebagai tersangka kasus kematian istrinya, Shirley Najoan (60) di kamar mandi tidak ditahan polisi.

"Setiap orang ditetapkan tersangka tidak langsung ditahan. Kemarin kan masih saksi. Jadi kami periksa dulu sebagai tersangka," kata Kasat Reskrim Polres Minut AKP Yulianus Samberi ketika dikonfirmasi detikcom, Selasa (4/10/2022).

Yulianus mengatakan pihaknya sudah mengagendakan pemanggilan terhadap tersangka. FT akan diperiksa untuk dimintai keterangan pada Selasa (4/10) hari ini.


"Dijadwalkan hari Selasa diperiksa sebagai tersangka," ujarnya.

Menurutnya, langkah penahanan memang tidak bisa serta merta dilakukan. Penyidik bisa saja mempertimbangkan sejumlah hal untuk menentukan tersangka sudah waktunya ditahan atau belum.

"Untuk penahanan itu dapat, bukan wajib. Jadi penahanan itu dilakukan apabila yang bersangkutan dikhawatirkan menghilangkan barang bukti, atau melarikan diri," ucap Yulianus.

Yulianus menambahkan bahwa pertimbangan lain untuk tidak dilakukan penahanan yakni alasan kemanusiaan. Kesehatan tersangka bisa jadi salah satu indikator.

"Setelah nanti kami periksa, kami akan lihat dia akan ditahan atau tidak. Tentunya kita lihat dia sudah tua, punya penyakit atau tidak. Ada hal-hal lain yang nantinya jadi penilaian," imbuhnya.

Dia juga mengatakan sejauh ini tersangka dan kuasa hukumnya masih kooperatif dalam kasus ini. Pihaknya berharap FT bisa memenuhi panggilan pemeriksaan hari ini.

"Tapi yang terjadi selama ini, yang bersangkutan dengan penasihat hukumnya datang, kooperatif, dan di sisi lain kami belum periksa sebagai tersangka," jelasnya.

Untuk diketahui, kasus Shirley Najoan (60) yang awalnya diduga tewas terjatuh di kamar mandi, akhirnya terungkap. Shirley ternyata tewas dianiaya suaminya inisial FT (60) yang kini ditetapkan jadi tersangka oleh polisi.

"Penyidik menaikkan status daripada saksi atas nama FT sebagai tersangka," ungkap Kapolres Minut AKBP Bambang Y Wibowo kepada detikcom, Kamis (29/9).

Motif FT melakukan penganiayaan terhadap istrinya masih didalami penyidik. Pihaknya juga belum menjelaskan terkait kronologi penganiayaan pelaku terhadap korban hingga tewas.

"(Motif) masih dalam pendalaman," sebut Bambang.

Namun Bambang menekankan terdapat sejumlah luka di tubuh korban. Bekas luka yang disebut sebagai tanda kekerasan.

"Bekas tubuh luka ditemukan pada tubuh korban menandakan bahwa korban mendapat kekerasan," pungkasnya.



Simak Video "Viral Pelajar SMA Aniaya Siswi SMP di Sulut Gegara Rok Pendek"
[Gambas:Video 20detik]
(sar/hmw)