Penampakan Putri Candrawathi yang Akhirnya Susul Ferdy Sambo ke Tahanan

Berita Nasional

Penampakan Putri Candrawathi yang Akhirnya Susul Ferdy Sambo ke Tahanan

Tim detikNews - detikSulsel
Sabtu, 01 Okt 2022 09:46 WIB
Putri Candrawathi
Putri Candrawathi mengenakan baju tahanan. (Foto: Azhar/detikcom)
Jakarta -

Istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi yang menjadi salah satu tersangka kasus pembunuhan berencana Brigadir Yosua Hutabarat akhirnya resmi ditahan Polri. Putri nampak menggunakan baju tahanan berwarna oranye saat hendak dibawa ke Rutan Bareskrim.

Usai mengenakan baju tahanan, Putri Candrawathi menangis saat berbicara tentang kasus yang menimpanya tersebut. Putri mengaku ikhlas atas apa yang menimpanya.

"Saya ikhlas diperlakukan seperti ini," kata Putri saat akan dibawa ke Rutan Bareskrim seperti dilansir dari detikNews, Jumat (30/9/2022).


Putri memohon doa agar dapat melalui kasus yang menjeratnya ini. Dia juga menitipkan anak-anaknya dengan harapan tetap bisa mengejar cinta-cita.

"Saya mohon doanya agar bisa melalui semua ini," tuturnya sambil menangis.

Saat hendak dibawa ke Rutan Bareskrim, Putri juga didampingi pengacaranya, yakni Febri Diansyah dan Arman Hanis.

Putri Candrawathi diketahui awalnya ke Bareskrim Polri untuk menjalani wajib lapor sebagai salah satu tersangka pembunuhan Brigadir Yosua. Namun, Polri memutuskan melakukan penahanan setelah kondisi Putri dinyatakan sehat jasmani dan psikologi.

Kapolri Pastikan Putri Candrawathi dalam Kondisi Sehat

Kapolri Listyo Sigit Prabowo mengatakan penahanan Putri Candrawathi dilakukan setelah dilakukan pemeriksaan kondisi jasmani maupun psikologinya.

"Hari ini juga kami telah melaksanakan pemeriksaan terkait dengan kondisi pemeriksaan baik kondisi jasmani dan melakukan pemeriksaan psikologi," kata Kapolri dalam konferensi pers, Jumat (30/9).

Lebih lanjut Kapolri menjelaskan berdasarkan hasil pemeriksaan kondisi jasmani dan psikologi, Putri dinyatakan dalam kondisi baik. Sehingga Polri memutuskan untuk melakukan penahanan terhadap Putri untuk mempermudah penyerahan tahap dua ke Kejagung.

"Oleh karena itu, untuk mempersiapkan dan mempermudah proses penyerahan berkas tahap dua, hari ini saudara PC kita nyatakan, kita putuskan untuk ditahan di Rutan Mabes Polri," terang Kapolri.

Kapolri kembali menegaskan komitmen Polri untuk memproses kasus Sambo secara transparan. Pengusutan dan penuntasan kasus Sambo secara tranpasaran ini menurutnya sesuai dengan arahan Presiden Jokowi.

"Sesuai dengan komitmen kami untuk memproses secara tegas transparan tidak pandang bulu, tidak ada yang ditutup-tutupi," tukas Kapolri.

Kapolri Pastikan Standar Sel Putri sama dengan Tahanan Lain

Terkait sel tempat putri di tahan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjamin standarnya sama dengan tahanan lain.

"Untuk standar penahanan rutan yang diberikan kepada saudari PC saya kira sama dengan yang lain, nanti ditentukan apakah di Bareskrim atau di rutan Brimob. Namun, saya kira standarnya tetap sama," kata Sigit, Jumat (30/9).

Lebih lanjut Sigit mengatakan Putri dan empat tersangka lainnya akan diserahkan ke Kejaksaan Agung untuk diadili di persidangan. Lokasi penahanan untuk Putri dan tersangka lainnya akan ditentukan oleh Jaksa usai pelimpahan.

"Kemudian untuk selanjutnya nanti setelah penyerahan tahap dua akan diputuskan kejaksaan akan ditahan di mana karena sudah jadi kewenangan kejaksaan," ujarnya.



Simak Video "Akhirnya Putri Candrawathi Ditahan!"
[Gambas:Video 20detik]
(alk/hmw)