Tragis Ketua HMJ UIN Makassar Dikeroyok Sadis gegara Bela Maba Korban Jukir

Tragis Ketua HMJ UIN Makassar Dikeroyok Sadis gegara Bela Maba Korban Jukir

Tim detikSulsel - detikSulsel
Kamis, 29 Sep 2022 06:00 WIB
Detik-detik Ketua HMJ Farmasi UIN Makassar dikeroyok gegara cegah parkir liar.
Foto: Pengeroyokan terhadap mahasiswa terekam CCTV. (Dokumen Istimewa)
Makassar -

Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Farmasi, Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Juniar dikeroyok secara sadis oleh orang tak dikenal (OTK). Juniar dianiaya usai membela mahasiswa baru (maba) yang menjadi korban pemalakan juru parkir (jukir) liar.

Juniar mengatakan, sejumlah tubuhnya penuh luka karena pengeroyokan tersebut. Dia menduga benda tumpul dari para pelaku juga dihantamkan ke tubuhnya.

"Kepalaku bagian sebelah kanan robek. Terus ada beberapa di punggung kayak ditusuk kunci motor tiga titik. Saya tidak tahu kunci atau apa tapi semacam benda tumpul," ungkap Juniar kepada detikSulsel, Rabu (28/9/2022).


Peristiwa tersebut terjadi di halaman Fakultas Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar, Senin (26/9). Saat itu Juniar menegur sejumlah orang yang melakukan pemalakan uang bayar parkir kepada maba yang hendak mengambil motor.

"Ada pemalakan pas PBAK tanggal 30 Agustus, maba dipajaki untuk bayar parkir," papar Juniar.

Juniar pun terlibat cekcok dengan sejumlah OTK yang tidak terima dilarang memungut uang parkir dari kendaraan mahasiswa. Saat itu Juniar bersama rekannya pengurus HMJ menjelaskan kepada mereka jika tidak perlu jaga parkir lantaran pihak kampus memantau lewat CCTV.

"Saya jelaskan tapi tetap ngotot dan kayak menuntut imbalan karena dia jaga motornya mahasiswa. Terjadi cekcok dan ada satu orang pengurus yang dia pukul," urai Juniar.

3 Pelaku Pengeroyokan Terekam CCTV

Pengeroyokan terhadap Juniar oleh sejumlah OTK terekam CCTV. Dalam video beredar, tampak Juniar yang saat itu mengenakan kemeja kotak-kotak dianiaya tiga orang pelaku di sebuah ruangan program studi (prodi).

Sebelum memukul Juniar, tiga OTK tampak dihalangi seorang wanita. Namun pelaku yang diadang wanita tersebut lolos, hingga melancarkan pukulan bertubi-tubi ke tubuh Juniar.

Korban lantas diseret ke dinding oleh pelaku. Seorang pria berpakaian hitam dengan rambut gondrong, langsung menyerang korban dengan beringas disusul dua teman lainnya.

Dari video itu juga tampak beberapa kali pukulan tangan dilayangkan kepada korban. Sejumlah orang yang diduga dosen dengan menggunakan kemeja putih menyusul masuk untuk melerai pengeroyokan itu.

Pengeroyokan baru terhenti setelah korban dimasukkan ke dalam salah satu kamar. Tiga pelaku pengeroyokan pun langsung meninggalkan ruangan.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.