Cerita Sahabat soal Sosok Sambo Muda yang Cerdas, Nilai di Atas Rata-rata

Tim detiksulsel - detikSulsel
Sabtu, 13 Agu 2022 05:30 WIB
Foto Ferdinan Sambo saat muda.
Foto: Dokumen Istimewa.
Makassar -

Sosok Irjen Ferdy Sambo terus menyita perhatian setelah terjerat kasus pembunuhan berencana Brigadir J. Seorang sahabat sejak SMA dari Ferdy Sambo, Agussalim menyebut Ferdy adalah sosok yang cerdas.

"Saya teman sekelas sama pak Ferdy itu kelas satu. Kemudian saya sama-sama masuk Akabri tahun 91 ke Magelang sama-sama lulus," kata Agussalim kepada detikSulsel di Makassar, Kamis (11/8/2022).

"Dia juga cerdas ya. Karena waktu kelas satu dia ketua kelas kami. Dia ketua kelas, kemudian dia naik kelas dua itu ambil jurusan biologi. IPA, IPA-nya itu Biologi. Karena memang dari dulu itu cita-citanya pengen jadi polisi," imbuhnya.


Ferdy Sambo dan istrinya, Putri Candrawathi merupakan alumni SMP Negeri 6 Ujung Pandang atau sekarang dikenal dengan nama SMP Negeri 6 Makassar. Berdasarkan hasil penelusuran detikSulsel belum lama ini, nama Ferdy Sambo dan Putri memang tercatat sebagai alumni di sekolah tersebut.

Dalam sebuah dokumen daftar nilai hasil Evaluasi Belajar Tahap Akhir Nasional (Ebtanas) tahun ajaran 1987/1988, Ferdy Sambo juga terlihat memiliki nilai di atas rata-rata dengan nilai paling rendah 8. Dokumen itu juga menunjukkan daftar nilai milik Putri Candrawathi.

Hanya saja, guru-guru di sekolah tersebut tak begitu mengenal Ferdy dan Putri. Seorang guru tertua di sekolah itu juga mengaku tak pernah mengajar Ferdy dan Putri di sekolah.

Kembali ke Agussalim, di juga menyinggung persahabatannya dengan Ferdy Sambo. Agussalim mengatakan dia dan Sambo sahabat sejak SMA, hingga sama-sama masuk Akabri pada 1991 di Magelang, Jawa Tengah (Jateng).

"Saya teman sekelas sama pak Ferdy itu kelas satu. Kemudian saya sama-sama masuk Akabri tahun 91 ke Magelang sama-sama lulus," katanya.

Agussalim menjelaskan Ferdy Sambo lulus menjadi perwira, sementara dirinya gagal jadi perwira. Di mata Agussalim, Ferdy Sambo adalah orang yang senang bergaul.

Selain itu Ferdy juga disiplin, sejak SMA kalau kami janjian pasti selalu ditepati dan datangnya selalu tepat waktu.

"Kalau kita bicara pergaulan Ferdy dengan teman-teman, dia itu sangat mudah bergaul. Jadi dia orangnya bukan penyendiri, suka ramai. Kalau ada kumpul-kumpul waktu SMA selalu ikut," katanya.

Halaman berikutnya: Kisah Kasih Ferdy Sambo dan Putri Sejak SMP...