Pelaku Pencabulan Bocah 9 Tahun di Kolaka Utara Ditangkap

Sulawesi Tenggara

Pelaku Pencabulan Bocah 9 Tahun di Kolaka Utara Ditangkap

Nadhir Attamimi - detikSulsel
Kamis, 21 Jul 2022 02:26 WIB
Ilustrasi Pencabulan Anak. Andhika Akbarayansyah/detikcom.
Foto: Ilustrasi kasus pencabulan. (Andhika Akbarayansyah)
Kolaka Utara -

Seorang pria inisial HR (47) di Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra) ditangkap polisi usai diduga mencabuli bocah berusia 9 tahun. Pelaku dan korban diketahui masih ada hubungan keluarga.

"Kita amankan hari Selasa (12/7) terkait tindak persetubuhan korban usia 9 tahun," kata Kasat Reskrim Polres Kolaka Utara Iptu Husni Abda dihubungi detikcom, Rabu (20/7/2022).

Peristiwa pencabulan itu terjadi sekitar 13.00 Wita pada Senin (6/6). Korban ke rumah pelaku hendak bermain dengan anak korban dan bocah lainnya. Anak korban kemudian beranjak ke tempat permandian usai diajak teman lainnya.


"Tersisa korban dan satu bocah inisial K. Pelaku kemudian menyuruh K untuk membeli ikan kaleng dan tersisa korban dan pelaku," ujarnya.

Dalam keadaan sepi, pelaku kemudian menarik korban ke dalam kamarnya dan melakukan tindakan pencabulan terhadap korban.

"Pelaku mengancam korban 'Jangan ko kasih tahu orang, sa pukul ko itu'," ujar Husni.

Aksi itu terbongkar saat keluarga curiga dengan keadaan sang anak lalu melakukan interogasi. Keluarga yang kaget mendengar penuturan korban lalu membuat laporan ke polisi pada Rabu (8/6). Polisi pun melakukan pengejaran terhadap pelaku.

Polisi pun mengakhiri pelarian pelaku usai menangkapnya di Kecamatan Panakkukang, Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Selasa (12/7).

"Kami bekerjasama dengan Polsek Panakkukang menangkap pelaku sekitar pukul 22.00 Wita. Pelaku kemudian dibawa ke Polres Kolaka Utara," ungkapnya.

Dari keterangan keluarga, korban dan pelaku masih ada hubungan keluarga. Sehingga pihak keluarga tidak mencurigai gerak-gerik pelaku terhadap korban.

"Pelaku dan korban masih ada hubungan keluarga. Pelaku ini dulu punya istri pertama, istri pertamanya ini bersaudara dengan orang tua korban," ungkapnya.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal berlapis usai melakukan tindakan persetubuhan anak di bawah umur tentang UU Perlindungan Anak dengan ancaman 15 tahun penjara.



Simak Video "Bejat! Pengasuh Ponpes di Banjarnegara Cabuli 7 Santri Pria"
[Gambas:Video 20detik]
(sar/asm)