Mahasiswi Ngaku Dilecehkan Oknum Profesor UHO Kendari Lapor ke Rektor

Sulawesi Tenggara

Mahasiswi Ngaku Dilecehkan Oknum Profesor UHO Kendari Lapor ke Rektor

Nadhir Attamimi - detikSulsel
Rabu, 20 Jul 2022 23:03 WIB
A young woman protects herself by hand
Ilustrasi pelecehan. Foto: iStock
Kendari -

Oknum dosen Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari Profesor B diadukan ke rektor terkait dugaan pelecehan seksual terhadap mahasiswinya inisial R (20). Keluarga berharap terlapor diberi sanksi tegas atas perbuatannya.

Pantauan detikcom, Rabu (20/7/2022), korban datang bersama keluarganya ke Kantor Satuan Kerja (Satker) Dewan Etik UHO Kendari di Gedung Rektorat lantai I. Keluarga korban diketahui sempat berkomunikasi dengan pihak fakultas dimana Profesor B bernaung.

Dalam bunyi laporan yang ditujukan pada Rektor UHO Kendari perihal pelecehan seksual oleh oknum dosen tersebut, korban menerangkan kronologi secara singkat terjadinya dugaan pelecehan itu dan meminta keadilan dengan sanksi berat dalam kasus ini.


"Berdasarkan hal tersebut saya memohon kepada Rektor UHO untuk memberikan sanksi seberat-beratnya terhadap Profesor B yang telah melakukan pelecehan seksual dan melakukan tindakan perbuatan tidak terpuji kepada saya," demikian bunyi laporan R kepada Rektor UHO yang dilihat detikcom, Rabu (20/7/2022).

Paman mahasiswi R, yakni MS membenarkan pengaduan tersebut. Dia mengaku membuat laporan pelanggaran kode etik.

"Sekarang saya di Rektorat (Satker Dewan Etik UHO) ini lagi buat surat untuk ke rektor mengenai dugaan pelanggaran kode etik dari dosen ini," kata MS kepada detikcom, Rabu (20/7).

MS mengaku memberikan semua pertimbangan terhadap Rektorat UHO usai membuat pengaduan tersebut. Dia meminta agar pihak UHO harus melakukan tindakan tegas terkait kasus ini.

"Nanti setelah kita menyurati rektor, terserah dari rektor mau bagaimana, apakah mau non-aktifkan, cabut gelar profesornya atau hanya sekedar skorsing," ujarnya.

"Jadi tergantung dari rektor saja, kami tinggal menunggu saja," tambah MS.

MS mengungkapkan surat pengaduan korban akan diteruskan langsung oleh anggota Satker Dewan Etik UHO Kendari kepada rektor. Pihaknya juga sudah mengambil lembaran rangkap dari surat pengaduan tersebut.



Simak Video "Heboh Siswi Histeris Lalu Tendang Pria Diduga Pelaku Pelecehan di Angkot"
[Gambas:Video 20detik]
(hmw/sar)