Hari Ini Polda Gelar Sidang Pemecatan Polisi Sulsel AKBP M Pemerkosa ABG

Tim detikSulsel - detikSulsel
Jumat, 11 Mar 2022 07:14 WIB
Mapolda Sulsel (Hermawan/detikcom).
Foto: Polisi Sulsel AKBP M tersangka pemerkosa remaja putri disidang kode etik hari ini di Mapolda Sulsel (Hermawan/detikcom).
Makassar -

Karir kepolisian polisi Sulsel AKBP M kini di ujung tanduk. Oknum perwira Polda Sulawesi Selatan itu bakal menjalani sidang kode etik pemecatan hari ini terkait kasus dugaan memperkosa dan menjadikan remaja putri sebagai budak seks. .

Sidang kode etik AKBP M hari ini, Jumat (11/3/2022), akan digelar di Lantai IV Mapolda Sulsel. Karir kepolisian AKBP M pun terancam tamat karena berpotensi disanksi pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) dan bisa juga disanksi pemberhentian dengan hormat (PDH).

"Sidangnya hari Jumat (hari ini), sidang kode etik," kata Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Komang Suartana kepada detiksulsel, Rabu (9/3).


Sidang kode etik sejatinya akan melakukan pemeriksaaan terhadap tuduhan pemerkosaan yang dilakukan AKBP M. AKBP M pun hanya bisa pasrah menanti hasil-hasil persidangan kode etik yang memiliki sanksi berat.

"Ketentuan sidang kode etik itu ada dua, PTDH dan PDH," kata Suartana.

Kendati sanksinya cenderung ke pemecatan, Suartana meminta semua pihak menunggu hasil sidang kode etik.

"Nanti kan disidang dulu, apakah cukup bukti nanti hakim intern Polri menentukan apakah ini layak (lanjut) jadi anggota Polri nah di situ diputuskan," katanya.

Sebelumnya, Ditreskrimum Polda Sulsel sudah lebih dulu mengusut laporan pidana pemerkosaan AKBP M. Hasilnya AKBP M dijerat jadi tersangka kasus pemerkosaan.

Akibat perbuatannya, AKBP M dijerat dengan UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak. Selain itu, AKBP M memang sudah mengakui perbuatannya memperkosa dan menjadikan korban sebagai budak seks.

Kini menarik dinanti sanksi yang akan diberikan kepada AKBP M.



Simak Video "Rekonstruksi Detik-detik Penembakan Petugas Dishub Makassar"
[Gambas:Video 20detik]
(hmw/nvl)