Diam-diam Gubernur Sulsel Usul Berhentikan Sekda Akhirnya Terungkap Juga

Diam-diam Gubernur Sulsel Usul Berhentikan Sekda Akhirnya Terungkap Juga

Tim detikSulsel - detikSulsel
Kamis, 01 Des 2022 07:40 WIB
Tangkapan layar video sambutan Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman
Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman (ASS). Foto: Istimewa
Makassar -

Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman (ASS) diam-diam mengusulkan pemberhentian Abdul Hayat Gani dari jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Namun akhirnya hal itu terungkap setelah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memberikan konfirmasi terkait kebenaran usulan tersebut.

Berdasarkan surat Mendagri Tito Karnavian perihal usulan pemberhentian Sekda Provinsi Sulsel untuk Presiden Jokowi yang diterima detikcom pada Rabu (30/11) dan telah diakui kebenarannya oleh Kapuspen Kemendagri Denni Irwan, diketahui ASS telah mengajukan usulan pemberhentian Sekda sejak bulan September lalu. Surat tersebut ditandatangani Tito pada 2 November 2022.

Usulan pemberhentian Sekda dari ASS untuk Presiden Jokowi diajukan melalui surat nomor 800/0019/BKPSDMD tertanggal 24 September 2022. Menurut Denni, di dalam suratnya ASS menjadikan hasil evaluasi kinerja Sekda dan rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) sebagai pertimbangan usulan pemberhentian itu.


"Awalnya itu Pak Gubernur (ASS), berkirim surat (pengusulan pemberhentian Sekda Sulsel) langsung kepada Presiden, melalui Sekretaris Kabinet. Nah, Kementerian Dalam Negeri ditembusi, ada tembusan ke Kementerian Dalam Negeri," ujar Benni Irwan kepada detikcom, Rabu (30/11/2022).

"Setelah diterima di Kementerian Dalam Negeri, tentu dicermati, dipelajari oleh kami di Kementerian Dalam Negeri tentang usulan ini. Kita lihat waktu, apakah sudah boleh dipindah atau belum, dari sisi waktu juga dipertimbangkan karena sudah lebih dari dua tahun," lanjutnya.

Setelah usulan tersebut dipelajari dan tidak ditemukan masalah terkait persyaratan maupun regulasinya, kemudian Kemendagri meneruskan usulan tersebut kepada Jokowi.

"Berdasarkan itu kita lakukan pendalaman dan tidak ada masalah," imbuhnya.

Sempat Heboh Jadi Isu

Usulan pemberhentian atau pergantian Sekda sempat heboh menjadi isu yang tidak terkonfirmasi. Awalnya beredar surat di media sosial mengenai hal tersebut.

Wakil Ketua Komisi A DPRD Sulsel Andi Arfandi Idris saat itu mengungkapkan bahwa dia juga mendapatkan informasi soal usulan pergantian Sekda oleh ASS dari media.

"Jadi saya tidak dapat informasi secara langsung, tetapi kalau dilihat dari pemberitaan yang ada, kan rupanya ini pengajuan penggantian (pemberhentian) Sekda itu kan dari bulan September," ungkap Arfandi kepada detikSulsel, Selasa (22/11).

Arfandi mengaku heran dengan kabar tersebut, mengingat masa jabatan ASS sebagai Gubernur Sulsel tersisa kurang dari setahun. Apalagi menurutnya Abdul Hayat belum cukup 5 tahun menjabat sebagai Sekda.

"Tentu kan kita pahami Sekda itu posisi strategis yang selama ini sudah diperankan baik oleh Sekda yang ada sekarang. Beliau ini kan belum cukup 5 tahun menjadi Sekda. Kalau mau dievaluasi kan ya lima tahun," katanya.

Baca selengkapnya di halaman berikutnya...