5 SST Aparat TNI-Polri Diterjunkan Cegah Bentrok Susulan di Maluku Tenggara

Maluku

5 SST Aparat TNI-Polri Diterjunkan Cegah Bentrok Susulan di Maluku Tenggara

Hermawan Mappiwali - detikSulsel
Sabtu, 12 Nov 2022 20:21 WIB
Bentrokan warga di Maluku Tenggara
Foto: Dokumen Istimewa
Maluku Tenggara -

Bentrokan antarwarga di Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku, telah diredam. Sebanyak lima Satuan Setingkat Peleton (SST) aparat TNI-Polri kini disiagakan di lokasi untuk mencegah bentrok susulan.

"Sudah aman. Saat ini Kapolres dan pasukan sudah di sana. Kurang lebih 5 SST pasukan disiagakan di sana," ujar Kabid Humas Polda Maluku Kombes M Roem Ohoirat kepada detikcom, Sabtu (12/11/2022).

Roem mengatakan 3 SST aparat gabungan sudah bersiaga sejak bentrokan pecah pada 6 dan 7 Oktober 2022 lalu. Kemudian dua SST personel kembali diterjunkan ke lokasi menyusul bentrokan kembali pecah hari ini.


"Sebelumnya kan 3 SST sudah ada di sana. Kemudian tadi ada tambahan 2 SST dipimpin Kapolres," sambungnya.

Roem mengatakan pihaknya sebenarnya sudah membangun pos pengamanan di lokasi bentrokan. Hanya saja, pos tersebut juga sempat diserang massa.

"Jadi kita sudah bangun pos di sana. Tadi juga mereka menerobos pos pengamanan itu, karena serangannya tadi sporadis," kata Kombes Roem.

Personel Resmob Bakal Diterjunkan

Roem mengatakan pihaknya saat ini masih fokus menjaga situasi tetap kondusif pascabentrokan diredam. Massa dari kedua belah pihak terus diimbau tak saling memprovokasi.

"Belum ada, masih mencegah bentrokan. Massa sudah aman, sudah kembali ke kediaman," katanya.

Kendati demikian, Roem mengakui Polda Maluku akan menerjunkan personel Brimob. Mereka akan bertugas mencari pelaku bentrokan.

"Rencana besok kita mau kirim back up dari Polda Maluku personel Resmob untuk penyelidikan," katanya.