Fakta-fakta Mengerikan Tragedi Halloween Tewaskan 153 Orang di Itaewon Korsel

Berita Internasional

Fakta-fakta Mengerikan Tragedi Halloween Tewaskan 153 Orang di Itaewon Korsel

Tim detikNews - detikSulsel
Senin, 31 Okt 2022 05:00 WIB
Pesta Halloween di sebuah gang di Itaewon, Seoul berakhir petaka. Sebanyak 151 orang dilaporkan meninggal dunia akibat berdesakan dan terinjak-injak.
Foto: Potret kerumunan dalam pesta Halloween di Itaewon, Seoul, Korsel. (REUTERS/YONHAP)
Seoul -

Pesta Halloween yang meriah di Itaewon, Seoul, Korea Selatan (Korsel) berubah menjadi tragedi maut. Sebanyak 153 orang dilaporkan tewas karena berdesak-desakan akibat kerumunan yang tidak terkendali.

Dilansir dari detikNews, tragedi Itaewon terjadi pasca perayaan Halloween di Itaewon, Korea Selatan (Korsel), pada Sabtu (29/10/2022) malam waktu setempat. Insiden itu terjadi sekitar pukul 22.20 (1320 GMT).

Ratusan orang berdesakan di gang sempit dan tidak bergerak. Ribuan orang memadati jalan sempit di distrik Itaewon, Korsel, untuk merayakan pesta Halloween.


Mengutip dari Reuters, Minggu (30/10), korban tewas berjatuhan dalam perayaan tersebut akibat berdesakan dan terinjak. Acara tersebut merupakan perayaan Halloween pertama di Seoul dalam tiga tahun terakhir usai Korea mencabut pembatasan COVID dan jarak sosial.

Tragedi Itaewon pun disorot sejumlah kepala hingga pejabat negara yang mengucap belasungkawa. Duka cita mendalam turut disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada mereka yang kehilangan keluarga dalam insiden itu.

"Deeply saddened to learn about the tragic stampede in Seoul. My deepest condolences to those who lost their loved ones. Indonesia mourns with the people of South Korea and wishes those injured a speedy recovery," tulis Jokowi dalam bahasa Inggris lewat akun twitternya seperti dilihat detikcom, Minggu (30/10).

Salah satu saksi mata bernama Sung Sehyun mengatakan sebelum kekacauan terjadi, para pengunjung pesta sudah sangat padat di jalan-jalan sempit sehingga sulit untuk bergerak.

"Saya melihat orang-orang pergi ke sisi kiri dan saya melihat orang itu menuju ke sisi yang berlawanan. Jadi orang yang di tengah macet, jadi tidak bisa berkomunikasi, tidak bisa bernapas," tutur Sung Sehyun kepada CNN.

Berikut fakta-fakta terkait tragedi maut pesta Halloween yang terjadi di Itaewon, Korsel:

Pesta Hallowen yang digelar di Itaewon, Korea Selatan berubah menjadi tragedi mengenaskan. Saat ini korban tewas bertambah menjadi 151 orang.Pesta Hallowen yang digelar di Itaewon, Korea Selatan berubah menjadi tragedi mengenaskan. Saat ini korban tewas bertambah menjadi 151 orang. (Foto: Reuters/Kim Hong-ji)

20 WNA Tewas di Tragedi Itaweon

Data Kementerian Dalam Negeri dan Keselamatan Korsel melaporkan ada 153 orang tewas dalam tragedi maut di Itaewon, Korsel. Sebanyak 20 orang di antaranya merupakan warga negara asing (WNA).

Seperti dilansir CNN, Minggu (30/10) mereka meninggal ketika para pengunjung membeludak di gang sempit di distrik Itaewon itu. Kepala Departemen Pemadam Kebakaran Yongsan-gu, Choi Seong-bum mengatakan insiden ini diduga akibat banyak yang terinjak-injak. Setidaknya 82 orang korban terluka.

Seorang saksi mata yang berada di lokasi bernama Jeon Ga-eul (30) bercerita, kerusuhan terjadi akibat para pengunjung berebut keluar dari kerumunan yang menyesakkan saat pesta tersebut. Mereka berdesak-desakan hingga mengakibatkan satu sama lain saling menindih.

"Ada begitu banyak orang yang didorong dan saya terjebak di antara kerumunan dan saya tidak bisa keluar pada awalnya juga," kata Jeon Ga-eul kepada AFP.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan Video 'Kronologi dan Penyebab Tragedi Halloween Itaewon':

[Gambas:Video 20detik]