Saling Bantah Kadispora Sulsel-Biro Barjas soal Mattoanging Belum Ada Progres

Tim detikSulsel - detikSulsel
Jumat, 19 Agu 2022 08:30 WIB
Penampakan kubangan bekas galian Stadion Mattoanging yang diklaim Pemprov Sulsel sudah ditimbun.
Proyek Stadion Mattoanging hanya menyisakan kubangan (Dok: detikSulsel)
Makassar -

Kadispora Sulsel Andi Arwin Azis membantah ada pengembalian dokumen lelang Stadion Mattoanging dari Biro Pengadaan Barang dan Jasa (Barjas) Sulsel. Namun diakui Arwin, tender proyek Stadion Mattoanging saat ini memang belum ada perkembangan.

"Belum ada (pengembalian dokumen)," ungkap Arwin kepada detikSulsel, Kamis (18/8/2022).

Arwin menolak berkomentar jauh soal lambannya tender proyek Stadion Mattoanging. Ini lantaran menurutnya belum ada progres terkait tender proyek stadion yang telah dirobohkan tersebut.


"Jangan, sudah terlalu banyak mi. Sudah sering saya sampaikan, itu ji ndak ada perkembangan," ujarnya.

Saat dikonfirmasi ulang terkait pernyataan Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Sulsel, Asrul Sani yang menyampaikan tentang pengembalian berkas tender, Arwin kembali menegaskan bahwa pihaknya belum menerima berkas yang dimaksud.

"Yang jelasnya kami belum terima (dokumen lelang itu).Sementara ini dulu," pungkasnya.

Diketahui, Kepala Biro Barjas Sulsel, Asrul Sani mengungkapkan berkas tender proyek pembangunan Stadion Mattoanging sudah dikembalikan ke Dispora Sulsel selaku OPD pengguna anggaran.

"Masih belum lengkap dokumen teknisnya. Jadi kita kembalikan ke Dispora," kata Asrul kepada detikSulsel, Selasa (16/8).

Asrul mengatakan pihak inspektorat sudah melakukan review terhadap harga perkiraan sendiri (HPS) terkait proyek Mattoanging. Hasil review tersebut telah dikembalikan ke OPD terkait.

"Kemarin kan HPS-nya di review Inspektorat, nah setelah direview, kalau ada perbaikan itu dikembalikan ke OPD nya," katanya.

DPRD Sulsel Pesimis Anggaran Mattoanging Rp 67 M Terpakai

Pemprov Sulawesi Selatan (Sulsel) dinilai lamban menuntaskan proyek Stadion Mattoanging di Kota Makassar karena tender ketiga tak kunjung berjalan. Dengan waktu yang kian mepet, legislator Sulsel pesimis anggaran Rp 67 miliar untuk Mattoanging bisa terpakai tahun ini.

"Kan kasihan rakyat Sulawesi Selatan, ada sejumlah uang yang kurang lebih Rp 67 miliar yang tidak terpakai. Kalau memang tidak bisa dipakai di Stadion Mattoanging, alihkan," ungkap anggota Komisi E DPRD Sulsel Selle KS Dalle kepada detikSulsel, Rabu (10/8).

Dengan kondisi ini, Selle menegaskan proyek-proyek yang tidak berjalan pada pembahasan APBD perubahan nanti. Pemprov Sulsel kata Selle, mestinya mengelompokkan kegiatan tender sesuai skala prioritas dan proyek-proyek besar agar pengerjaannya bisa rampung di akhir tahun.

"Jadi sekarang ini kan sudah mau masuk APBD Perubahan, saya sih pesimis ya, itu bisa terealisasi di APBD 2022 kalau begitu caranya Pemprov mengelola anggaran dan kegiatan. Ini kan konstruksi bersama, kalau awal-awal tahun sudah gagal tender maka sudah tanda gagal program itu," tuturnya.



Simak Video "Mencicipi Makanan Hotel yang Dimasak oleh Koki Handal, Makassar"
[Gambas:Video 20detik]
(tau/asm)