Biro Pengadaan Barang Jasa Ungkap Tender Mattoanging Tertahan di Dispora

Xenos Zulyunico Ginting - detikSulsel
Selasa, 16 Agu 2022 22:21 WIB
Pembangunan Stadion Mattoanging Makassar (Foto: Ibnu Munsir/detikcom)
Foto: Pembangunan Stadion Mattoanging Makassar (Foto: Ibnu Munsir/detikcom)
Makassar -

Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Pemprov Sulsel, Asrul Sani mengungkapkan tender proyek pembangunan Stadion Mattoanging masih tertahan di Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora). Asrul lantas tidak bisa memastikan pembangunan Stadion Mattoanging dilanjutkan tahun ini.

"Masih belum lengkap dokumen teknisnya. Jadi kita kembalikan ke Dispora," kata Asrul kepada detikSulsel, Selasa (16/8/2022).

Asrul mengatakan pihak Inspektorat sudah melakukan review terhadap harga barang atau jasa (HPS) terkait proyek Mattoanging. Hasil review tersebut telah dikembalikan ke OPD terkait.


"Kemarin kan HPS-nya di review Inspektorat, nah setelah direview, kalau ada perbaikan itu dikembalikan ke OPD nya," katanya.

Kondisi tersebut membuat Asrul tidak berani menggaransi apakah tender proyek Stadion Mattoanging dapat kembali dilakukan tahun ini atau tidak. Pasalnya sisa waktu penggunaan anggaran yang terbatas hingga akhir 2022.

"Nah, itu kan harus dilihat ulang ruang lingkupnya seperti apa. Baru disesuaikan dengan waktu pelaksanaannya. Itu belum sampai ke situ pembahasannya," pungkasnya.

Sebelumnya, Kadispora Sulsel Arwin Azis optimis tender ulang proyek pembangunan Stadion Mattoanging dapat dilakukan pada Juli 2022. Bahkan ia memperkirakan Stadion Mattoanging dapat diselesaikan pada pertengahan Desember mendatang.

"Alhamdulillah kita sudah persiapan untuk melaksanakan tender. Masih memungkinkan kita lakukan tender satu atau dua pekan yang akan datang," ungkap Arwin Azis dalam rapat kerja dengan Komisi E DPRD Sulsel, Selasa (5/7).

Arwin menuturkan sesuai analisis manajemen konstruksi (MK), proses tender ketiga Stadion Mattoanging masih memungkinkan dilakukan tahun ini. Sehingga bisa ada pemenang tender di bulan Agustus dan proyeknya bisa rampung di akhir tahun ini.

"Kalau kontrak di bulan Agustus juga, maka memungkinkan pertengahan Desember selesai lapangan yang berstandar FIFA, sarana pendukung termasuk lintasan atletik," tambahnya.



Simak Video "Suporter PSM Makassar Gelar Aksi Bakar Lilin untuk Tragedi Kanjuruhan"
[Gambas:Video 20detik]
(hsr/hmw)