Sulawesi Tenggara

1 Penumpang KM Nggapulu Tujuan Tanjung Priok Jatuh ke Laut Selamat

Nadhir Attamimi - detikSulsel
Minggu, 31 Jul 2022 12:59 WIB
Penumpang kapal jatuh ke laut diselamatkan
Penumpang kapal terjatuh dievakuasi tim (Istimewa).
Baubau -

Viral di media sosial seorang penumpang kapal Pelni KM Nggapulu tujuan Tanjung Priok, Jakarta terjatuh di sekitar perairan Banda Neira, Maluku. Korban diselamatkan tim evakuasi kapal setelah sempat mengapung di tengah laut.

Informasi yang dihimpun detikcom, peristiwa itu terjadi pada Kamis (28/7) sekitar pukul 16.30 Wita saat kapal sedang berlayar. Penumpang bernama George Titawano itu ditemukan mengapung oleh penumpang lainnya diduga usai terjatuh.

"KM Nggapulu tiba di Baubau Jumat (29/7) sekitar pukul 20.00 Wita dan berangkat lagi ke Makassar pukul 22.00 Wita. Info dari pihak Pelni, penumpang tersebut (George) tidak turun di Baubau," kata Kapolres Baubau AKBP Erwin Pratomo kepada detikcom, Sabtu (30/7/2022).


Awalnya, kata Erwin, George ditemukan mengapung di perairan Banda Neira pada Kamis (28/7) sekitar pukul 16.30 Wita oleh penumpang lainnya. Pihak kapal yang mendapatkan informasi penemuan penumpang jatuh ke laut lalu menghentikan laju kapal.

"Kemudian pihak kapal menurunkan tim penyelamat lalu mengangkat penumpang tersebut kembali ke kapal," ujar Erwin.

Usai diangkat, korban lalu diberikan perawatan di klinik kapal KM Nggapulu. Korban saat ini dinyatakan dalam kondisi baik.

"George sudah diberikan perawatan dan telah dinyatakan selamat dan sehat," ungkap dia.

Erwin memastikan korban hingga saat ini masih ikut KM Nggapulu berlayar menuju Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya yang diperkirakan tiba pada Minggu (31/7) sekitar pukul 14.00 Wib. Diketahui, tujuan akhir George adalah Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

"Sekarang masih di atas kapal. Kapal diperkirakan tiba di Surabaya hari Minggu (31/7). Tujuan akhir George memang akan turun di Tanjung Priok," ungkap Erwin.

Hingga saat ini, polisi belum mengetahui penyebab penumpang tersebut terjatuh. Sebab, pihak PT Pelni belum mendapatkan keterangan dari korban.

"Hasil koordinasi dengan PT Pelni dan KM Nggapulu korban belum memberikan keterangan sehingga operator belum mengetahui kronologi dan penyebab korban jatuh ke laut," ungkap dia.



Simak Video "Detik-detik Diduga Jambret Diadang-Dilempari Traffic Cone oleh Warga"
[Gambas:Video 20detik]
(tau/sar)