Amalan Tahun Baru Islam, Niat dan Waktu Melaksanakannya

Amalan Tahun Baru Islam, Niat dan Waktu Melaksanakannya

Al Khoriah Etiek Nugraha - detikSulsel
Jumat, 29 Jul 2022 18:40 WIB
Tahun Baru Islam 2022 Jatuh pada Tanggal Berapa? Cek di Sini
Amalan tahun baru Islam (Foto: Getty Images/iStockphoto/Choreograph)
Makassar -

Amalan tahun baru Islam dianjurkan dilakukan oleh umat muslim. Tahun baru Islam 1 Muharram 1444 H jatuh pada 30 Juli 2022 pada kalender Masehi.

Sejumlah amalan tahun baru Islam dapat dilakukan oleh umat muslim untuk menyambut pergantian tahun Hijriah. Amalan ini tentunya dilakukan untuk semakin mendekatkan diri pada Allah swt.

Di samping pergantian tahun, bulan Muharram sebagai awal dari kalender Hijriah juga memiliki keistimewaan. Bahkan bulan ini disebut sebagai momen berpuasa terbaik setelah Ramadhan.


Mengutip buku Keutamaan Asyura dan Bulan Muharram yang ditulis oleh Syaikh Muhammad Shalih al-Munajjid, dari riwayat oleh Imam Muslim Abu Hurairah berkata, Rasulullah bersabda yang artinya:

"Puasa paling utama setelah puasa Ramadhan adalah berpuasa di bulan Allah Muharram". (HR Muslim: 1982)

Selain berpuasa pada bulan Muharram, umat muslim juga dianjurkan untuk membaca doa akhir tahun dan doa awal tahun.

Nah, berikut beberapa amalan tahun baru Islam yang dapat dijalankan umat muslim menjelang akhir tahun hingga sepanjang bulan Muharram:

1. Membaca Doa Akhir Tahun

Amalan tahun baru Islam yang pertama adalah membaca doa akhir tahun. Melalui doa ini diharapkan mendapatkan ampunan atas segala dosa yang telah diperbuat di tahun ini.

Berikut bacaan doa akhir tahun dalam kitab Maslakul Akhyar:

اَللّٰهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هٰذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْهُ وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِيْ عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِيْ وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Bacaan latin: Allaahumma ma 'amiltu min 'amalin fii haadzihi sanati maa nahaitanii 'anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fiihaa 'alayya bi fadhlika ba'da qudratika 'alaa 'uquubatii, wa da'autanii ilat taubati min ba'di jaraa'atii 'alaa ma'shiyatik. Fa innii astaghfiruka, faghfirlii wa maa 'amiltu fiihaa mimmaa tardhaa, wa wa'attanii 'alaihits tsawaaba, fa'as'aluka an tataqabbala minnii wa laa taqtha' rajaa'ii minka yaa kariim.

Artinya: "Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhoi di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah kau membuatku putus asa. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah."

Berikutnya doa awal tahun..



Simak Video "Sambut Tahun Baru Islam, Pelajar di Sidrap Gelar Pawai Obor"
[Gambas:Video 20detik]