5 Cara Tidur Cepat agar Istirahat Lebih Berkualitas

Urwatul Wutsqaa - detikSulsel
Senin, 18 Jul 2022 21:10 WIB
Makanan yang bisa membuat tidur nyenyak
Ilustrasi cara tidur cepat (Foto: iStock)
Makassar -

Cara tidur cepat dapat dilakukan agar dapat beristirahat dengan nyaman di malam hari. Kualitas dan durasi tidur sangat penting bagi kesehatan tubuh.

Setelah beraktivitas seharian, tentunya tubuh butuh tidur yang berkualitas untuk istirahat agar dapat kembali segar di pagi hari. Bagi orang dewasa setidaknya membutuhkan 7-9 jam waktu tidur per hari, sedangkan anak-anak membutuhkan durasi waktu tidur yang lebih panjang yaitu 8-10 jam.

Namun, beberapa orang mengalami gangguan kesulitan tidur. Hal ini tentunya membuat waktu tidur tidak terpenuhi.


Kondisi sulit tidur bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, seperti kebiasaan, pola makan, hingga kondisi lingkungan. Umumnya kondisi sulit tidur bisa diatasi dengan menerapkan beberapa cara tidur cepat untuk mengatasi gangguan tidur.

Beberapa kondisi sulit tidur bisa juga disebabkan oleh masalah lain yang lebih serius, seperti masalah psikologi ataupun gangguan medis tertentu. Bagi yang memiliki kesulitan tidur dengan alasan ini sebaiknya melakukan konsultasi ke dokter atau ahli medis untuk mengatasinya.

Sementara sulit tidur yang disebabkan oleh masalah-masalah umum yang cukup ringan bisa diatasi dengan beberapa cara simpel. Melansir dari laman National Health Service UK, berikut cara tidur cepat yang bisa mengatasi gangguan tidur dengan efektif:

1. Terapkan Waktu Istirahat yang Teratur

Cara tidur cepat yang pertama adalah menerapkan waktu istirahat yang teratur. Upayakan untuk tidur pada waktu yang sama setiap malam.

Menerapkan jam tidur yang teratur diyakini sebagai salah satu cara tidur cepat yang dapat mengatasi gangguan sulit tidur. Usahakan untuk tetap tidur di jam yang sama saat di akhir pekan atau hari libur.

Dengan menerapkan waktu istirahat yang sama setiap harinya, ini akan membantu cara tidur cepat karena tubuh bisa mengenali waktu istirahat. Ketika tubuh sudah mengenali waktu istirahat, maka tubuh akan mengirim sinyal rasa kantuk agar pemilik tubuh segera beristirahat.

2. Mengelola Stres Menjelang Tidur

Beberapa orang mengalami stress atau merasakan kecemasan berlebihan menjelang waktu istirahat. Mengelola stress merupakan salah satu cara tidur cepat efektif yang bisa diterapkan untuk mengatasi gangguan tidur.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengelola stress menjelang tidur, salah satunya dengan berbicara dengan seseorang yang dipercayai. Berbicara dengan seseorang yang dipercaya bisa membantu cara tidur cepat karena dapat membuat seseorang merasa jauh lebih tenang.

Mengelola stres juga bisa dilakukan dengan menulis jurnal ataupun membuat daftar tugas yang akan dilakukan keesokan harinya. Metode ini bisa menjadi cara tidur cepat yang efektif karena bisa membantu menghilangkan kekhawatiran-kekhawatiran yang memenuhi isi kepala.

Selanjutnya menyiapkan tubuh untuk beristirahat...