Cara Mengembalikan Indera Penciuman Akibat Anosmia dengan Efektif

Urwatul Wutsqaa - detikSulsel
Kamis, 14 Jul 2022 22:57 WIB
5 Bumbu Dapur Ini Bisa Pulihkan Indera Penciuman karena Covid-19
Foto: Getty Images/iStockphoto/Ls9907
Makassar -

Cara mengembalikan indera penciuman penting dilakukan saat seseorang merasa kesulitan mengenali aroma atau bau dari makanan dan benda-benda yang berada di sekitarnya. Kehilangan indera penciuman dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah anosmia.

Anosmia adalah suatu kondisi ketika indera penciuman seseorang tidak dapat membaui aroma sama sekali. Umumnya kondisi ini bisa terjadi saat seseorang mengalami pilek, flu, sinusitis, alergi, kondisi ini juga bisa terjadi saat seseorang terserang COVID-19.

Saat seseorang mulai merasa kehilangan indera penciuman, sebaiknya segera melakukan cara mengembalikan indera penciuman. Ada beberapa cara mengembalikan indera penciuman yang bisa dilakukan ketika seseorang mengalami anosmia.


Melansir dari laman National Health Service UK, berikut cara mengembalikan indera penciuman yang bisa dilakukan ketika seseorang mengalami gejala anosmia.

1. Membersihkan Bagian dalam Hidung (Irigasi Nasal)

Cara mengembalikan indera penciuman yang pertama bisa dilakukan dengan cara irigasi nasal atau membersihkan bagian dalam hidung. Irigasi nasal dilakukan dengan cara mengalirkan air masuk ke dalam hidung melalui satu lubang, lalu membiarkannya keluar melalui lubang hidung lainnya.

Umumnya, irigasi nasal dilakukan menggunakan larutan garam yang bisa dibeli secara bebas di apotek. Selain dibeli di apotek, larutan garam juga bisa dibuat sendiri dengan cara mencampurkan masing-masing setengah sendok teh garam dan soda kue ke dalam satu cangkir air matang.

Setelah larutan garam sudah siap, masukkan larutan semprot tersebut ke dalam botol irigasi atau botol semprot. Selanjutnya, cara mengembalikan indera penciuman dilakukan dengan cara menyemprotkan larutan garam ke dalam hidung dengan posisi kepala dimiringkan ke salah satu bagian sisi tubuh.

2. Mengonsumsi Obat Sesuai Resep Dokter

Selain cara mengembalikan indera penciuman dengan irigasi nasal, cara mengembalikan indera penciuman juga bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi obat-obatan tertentu. Segera konsultasi ke dokter jika kondisi anosmia tidak kunjung membaik agar memperoleh penanganan dan obat yang sesuai.

Saat menemui dokter, pemeriksaan dapat dilakukan untuk mengetahui penyebab jelas seseorang mengalami anosmia. Dengan begitu, dokter dapat memberikan penanganan dan obat yang sesuai dengan kondisi yang dialami penderita.

Pada penderita sinusitis...