Jalan Rusak di Pinrang Rawan Kecelakaan, Pemkab Pasang Lampu LED Rp 1,5 M

Jalan Rusak di Pinrang Rawan Kecelakaan, Pemkab Pasang Lampu LED Rp 1,5 M

Muhclis Abduh - detikSulsel
Kamis, 24 Mar 2022 15:41 WIB
Ruas Jalan Poros Pinrang-Sidrap rusak butuh perbaikan dan penerangan jalan.
Foto: Ruas Jalan Poros Pinrang-Sidrap rusak butuh perbaikan dan penerangan jalan. (Muhclis Abduh/detikSulsel)
Pinrang -

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pinrang menganggarkan Rp 1,5 miliar untuk pemasangan lampu LED (diode pancaran cahaya) di Jalan Poros Pinrang-Sidrap, Sulawesi Selatan (Sulsel). Pasalnya ruas jalan rusak, dan rawan kecelakaan ketika dilalui pengendara pada malam hari.

"Lalu lintas harian rata-rata kendaraan di Poros Pinrang-Rappang ini tergolong tinggi," Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan PUPR Pinrang, Awaluddin Maramat kepada detikSulsel, Kamis (24/3/2022)

Namun pihak berdalih untuk penanganan kerusakan jalan menjadi ranah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel. Pemkab Pinrang hanya mengakomodir penerangan jalan umum ruas Pinrang-Sidrap.


"Apalagi kan jalan di sana termasuk rusak berat. Tapi kan kalau untuk pengerjaan jalan itu rana Pemprov Sulsel karena jalan provinsi," tambah Awal.

Dia melanjutkan rencana pemasangan lampu LED mempertimbangkan kualitas cahaya yang dihasilkan lebih terang.

"Kita anggarkan Rp 1,5 miliar dari APBD 2022 ini untuk penggantian lampu LED di jalan Poros Pinrang-Sidrap. Anggaran itu termasuk ongkos pemasangan dan gaji pekerja," ungkap dia.

Hanya saja pihaknya belum bisa menyebut secara spesifik berapa titik lampu jalan yang akan diganti. Harus melihat harga lampu terlebih dahulu untuk bisa memastikan.

"Yang jelas kita sesuaikan dengan anggaran yang Rp 1,5 miliar itu," ucap Awal.

Selain pemasangan Lampu LED di Poros Pinrang-Sidrap Awal menegaskan penggantian lampu jalan di sejumlah titik yang lampu jalannya rusak juga secara rutin dilakukan.

"Kalau lampu jalan di jalan poros yang lain itu kita minta pemerintah setempat untuk melaporkan jika memang ada yang telah rusak atau lampunya mati untuk segera kita ganti," bebernya.

Ketua Komisi III DPRD Pinrang, Alimuddin Budung segera merealisasikan rencananya. Lampu jalan di ruas Pinrang-Sidrap sangat vital di tengah pengendara kesulitan melintas, apalagi jika jalan banyak berlubang.

"Penting memang itu segera ganti lampu jalan yang rusak. Kita beberapa kali dapat laporan masyarakat mengeluh lampu jalan mati," tegasnya.

Selain di jalan poros antar kabupaten, Ketua PKB Pinrang ini juga meminta agar lampu jalan juga dapat diperhatikan hingga di pelosok desa. Penerangan jalan umum harus merata di tiap wilayah.

"Lampu jalan itu bukan hanya untuk membuat terang tapi bisa juga mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti kriminalitas atau pencurian," imbuh Alimuddin.



Simak Video "Waduh! Jalan Salawu-Singaparna Tasikmalaya Banyak Lampu Penerangan Mati"
[Gambas:Video 20detik]
(sar/tau)