Daya Tarik Air Terjun Madakaripura Probolinggo, Tempat Bertapa Gajah Mada

Daya Tarik Air Terjun Madakaripura Probolinggo, Tempat Bertapa Gajah Mada

M Rofiq - detikJatim
Minggu, 25 Sep 2022 11:17 WIB
Air Terjun Madakaripura Probolinggo
Air Terjun Madakaripura Probolinggo. (Foto: M Rofiq/detikJatim)
Probolinggo -

Selain Gunung Bromo, Probolinggo juga memiliki wisata air terjun Madakaripura. Lokasi destinasi wisata yang konon pernah menjadi tempat bertapa Mahapatih Gajah Mada ini berada di Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, Probolinggo.

Hanya berjarak sekitar 30 kilometer lebih dari pusat Kota Probolinggo, setidaknya diperlukan waktu 1 jam perjalanan untuk berkunjung ke wisata air terjun Madakaripura.

Harga tiket bisa langsung dibeli di loket di pintu masuk air terjun Madakaripura. Setiap pengunjung harus merogoh kocek Rp 22.000 untuk wisatawan lokal dan untuk wisatawan asing bayar tiket Rp 45.000.

Sejak di pintu masuk pengunjung akan disambut 2 patung Mahapatih Gajah Mada. Patung pertama menunjukkan Sang Panglima Perang Kerajaan Majapahit berdiri tegak sambil mengacungkan keris. Sedangkan patung kedua saat Gajah Mada duduk bertapa.

Keberadaan patung ini memiliki makna latar sejarah karena di tempat itulah tempat bertapa dan peristirahatan Mahapatih Gajah Mada yang menjadi hadiah Raja Majapahit karena telah mempersatukan nusantara.

Sebelum anda bisa melihat keindahan air terjun dengan ketinggian 200 meter ini, wisatawan wajib jalan kaki sejauh 1.5 kilometer, dan di sepanjang jalan bisa melihat panorama alam bebukitan dan suara gemericik jernihnya air sungai.

Hampir tiba di lokasi air terjun utama, banyak bukit yang juga mengucurkan air terjun tirai atau kapas dari atas tebing. Jika tidak ingin basah kuyup pengunjung harus menggunakan mantel.

Di lokasi ini pengunjung bisa membeli mantel dari sejumlah pedagang yang menjajakan di dekat lokasi. Harganya cukup terjangkau. Hanya Rp 5.000. Sedangkan untuk pengaman ponsel antara Rp 20.000-Rp 25.000.

Lelah berjalan kaki pasti terbayar dengan keindahan alam dan derasnya air terjun Madakaripura. Anda pasti ingin berlama-lama santai sambil melihat derasnya kucuran air dari atas bebukitan.

Erna Herawati (50) pengunjung asal Kabupaten Sampang, Madura mengaku sangat terkesan saat berkunjung di wisata air terjun Madakaripura. Menurutnya pemandangan air terjun itu begitu indah.

"Kesannya luar biasa, begitu indah, dan tidak pernah didapat dari tempat-tempat wisata lainnya walau pun jalan begitu jauh sampai di lokasi air terjun, tidak rugi, dan terbayar dengan keindahan ciptaan Tuhan yang luar biasa indahnya. Saya dari Sampang Madura bersama rombongan teman kerja datang ke Madakaripura. Baru pertama kali ke sini, pastinya akan balik lagi ke sini," ujar Erna kepada detikJatim, Minggu (25/9/2022).

Antara mitos atau sejarah. Baca di halaman selanjutnya.