Segini Nilai Kontrak Indosiar ke PT LIB untuk Liga 1 2022

Segini Nilai Kontrak Indosiar ke PT LIB untuk Liga 1 2022

Tim DetikJatim - detikJatim
Rabu, 02 Nov 2022 20:18 WIB
Logo Liga 1
Foto: Agung Pambudhy/detikcom
Surabaya -

Komnas HAM menyebut komersialisasi merupakan alasan utama laga Arema FC kontra Persebaya tetap digelar malam yang memicu Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 135 orang. Lalu berapa sebenarnya nilai kontrak Indosiar ke PT Liga Indonesia Baru (LIB)?

Dalam laporannya setebal 166 halaman, Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF), diungkapkan nilai kontrak Indosiar ke PT LIB sebesar Rp 230 miliar. Hal ini diketahui setelah TGIPF melakukan pertemuan dengan Dirut PT LIB Ahmad Hadian Lukita dan Direktur Operasional Irjen (Purn) Sudjarno.

"Nilai kontrak antara PT. LIB dan Host Broadcaster untuk Liga 1 Musim 2022-2023 yang memainkan sebanyak 306 pertandingan adalah sebesar Rp 230 miliar," demikian laporan TGIPF halaman 74 seperti yang dikutip detikJatim, Rabu (2/11/2022).

Sebelumnya, Komnas HAM mengungkapkan komersialisasi merupakan alasan utaman PT LIB ngotot laga Arema FC kontra Persebaya. Akibatnya, laga tersebut mengakibatkan Tragedi Kanjuruhan dan menewaskan 135 orang.

Hal itu dijelaskan Komisioner Komnas HAM Choirul Anam dalam konferensi pers di kantornya, Rabu (2/11/2022). Anam menjelaskan pihaknya memeriksa komunikasi pihak PT LIB saat melakukan penyelidikan terkait dugaan pelanggaran HAM dalam Tragedi Kanjuruhan.

"Dapatlah memang match komunikasinya, kami simpulkan bahwa antara PT LIB sama broadcaster tidak mempertimbangkan atau mengabaikan aspek keselamatan dan keamanan," kata Anam seperti dilansir dari detikNews.

Dia mengatakan PT LIB dan broadcaster laga tersebut lebih mempertimbangkan aspek komersial. Salah satunya terkait sponsor.

"Lebih mempertimbangkan aspek komersialisasi karena di situ ada pembicaraan soal sponsor dan lain sebagainya," ucap Anam.

Simak Video 'Komnas HAM: Pertandingan Arema Vs Persebaya Utamakan Komersil':

[Gambas:Video 20detik]



(abq/iwd)