Komnas HAM Ungkap Alasan PT LIB Ngotot Arema FC vs Persebaya Digelar Malam

Kabar Sepakbola

Komnas HAM Ungkap Alasan PT LIB Ngotot Arema FC vs Persebaya Digelar Malam

Tim detikNews - detikJatim
Rabu, 02 Nov 2022 18:01 WIB
Surabaya -

Komnas HAM mengungkapkan komersialisasi merupakan alasan utaman PT LIB ngotot laga Arema FC kontra Persebaya. Akibatnya, laga tersebut mengakibatkan Tragedi Kanjuruhan dan menewaskan 135 orang.

Hal itu dijelaskan Komisioner Komnas HAM Choirul Anam dalam konferensi pers di kantornya, Rabu (2/11/2022). Anam menjelaskan pihaknya memeriksa komunikasi pihak PT LIB saat melakukan penyelidikan terkait dugaan pelanggaran HAM dalam Tragedi Kanjuruhan.

"Dapatlah memang match komunikasinya, kami simpulkan bahwa antara PT LIB sama broadcaster tidak mempertimbangkan atau mengabaikan aspek keselamatan dan keamanan," kata Anam seperti dilansir dari detikNews.

Dia mengatakan PT LIB dan broadcaster laga tersebut lebih mempertimbangkan aspek komersial. Salah satunya terkait sponsor.

"Lebih mempertimbangkan aspek komersialisasi karena di situ ada pembicaraan soal sponsor dan lain sebagainya," ucap Anam.

Tragedi Kanjuruhan terjadi usai laga Arema FC vs Persebaya pada Sabtu (1/10). Komnas HAM menyatakan tragedi itu dipicu tembakan gas air mata di dalam stadion yang menyebabkan para penonton berhamburan dan berdesakan keluar.

Tragedi itu menyebabkan 135 orang tewas. Polisi pun telah menetapkan enam orang sebagai tersangka dalam Tragedi Kanjuruhan.

Para tersangka itu ialah AHL sebagai Dirut PT LIB, AH sebagai Ketua Panpel, SS sebagai security officer, Wahyu SS sebagai Kabag Ops Polres Malang, H sebagai Deputi 3 Danyon Brimob Polda Jatim, dan BSA sebagai Samapta Polres Malang.

(abq/iwd)