Menko PMK Sebut Korban Tewas dan Luka Tragedi Kanjuruhan Capai 448 Orang

Menko PMK Sebut Korban Tewas dan Luka Tragedi Kanjuruhan Capai 448 Orang

M Bagus Ibrahim - detikJatim
Minggu, 02 Okt 2022 23:10 WIB
Menko PMK saat menyampaikan keterangan pers di Pendopo Panji, Kepanjen, Malang
Menko PMK saat menyampaikan keterangan pers di Pendopo Panji, Kepanjen, Malang. (Foto: M Bagus Ibrahim/detikJatim)
Malang -

Menko PMK Muhajir Effendy menyampaikan hasil akhir pendataan korban tragedi Kanjuruhan. Dia menyebutkan total sebanyak 448 orang yang menjadi korban dalam peristiwa itu baik yang meninggal maupun mengalami luka.

"Hasil akhir dari korban yang sudah diverifikasi semua pihak termasuk Polri dan penyelenggara ada 448 korban," ujarnya usai melakukan rapat koordinasi di Pendopo Panji, Kepanjen, Malang, Minggu (2/10/2022).

Muhajir merinci dari 448 korban itu, sebanyak 302 orang di antaranya mengalami luka ringan, 21 orang luka berat, dan 125 orang meninggal dunia.

"Dengan penjelasan ini saya harap tidak ada lagi spekulasi," kata dia.

Sebelumnya, Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo menyampaikan bahwa jumlah korban itu telah diperkuat dengan proses identifikasi dan verifikasi. Khususnya untuk korban yang meninggal sebanyak 125 orang.

Langkah selanjutnya, pihak kepolisian akan melakukan investigasi kasus ini. Selain itu akan dilakukan upaya mitigasi yakni dengan langkah trauma healing terhadap para suporter Arema FC.

Seperti diketahui, kericuhan terjadi usai Arema FC menelan kekalahan atas Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang pada Sabtu (1/10/2022). Dalam kericuhan itu terjadi bentrok antara suporter dan aparat keamanan.

Bentrokan itu terjadi karena aparat keamanan berupaya memukul mundur suporter yang masuk ke dalam lapangan. Hingga gas air mata dilepaskan untuk menghalau para suporter.

Gas air mata itu membuat suporter panik dan berlarian. Sayangnya saat mencoba untuk menyelamatkan diri ada beberapa suporter yang terjatuh dan terinjak-injak.



Simak Video "2 Jenazah Korban Kanjuruhan Bakal Diautopsi Pekan Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/dte)